Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Arisnandar Arisnandar(1*), Abdul Hakim(2), Nur Ilmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar tentang persatuan dan kesatuan pada siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 38 Labokong dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tentang persatuan dan kesatuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 38 Labokong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model  pembelajaran  kooperatif  tipe  make a match tentang persatuan dan kesatuan siswa kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang persatuan dan kesatuan siswa kelas V dengan penerapan model  pembelajaran  kooperatif  tipe  make a match. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa tentang persatuan dan kesatuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 14 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match  dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang persatuan dan kesatuan siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 38 Labokong Kabupaten Soppeng).

 

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, make a match, persatuan dan kesatuan


Full Text:

PDF

References


Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 72.

Anitah W, S. (2018). Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintak 45 Model Pembelajaran dalam Student Centerd Learning (SCL). Gramedia.

Darmadi. (2017). Pengembagan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Budi Utama.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta S.

Hayati, S. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia.

Hermawan, A. H., Susilana, R., & Julaeha, S. (2019). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Iskandar, H. (2017). Keanekaragaman Budaya dalam Persatuan Budaya dalam Persatuan Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Iwan, & Lestari. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Ekosistem. Jurnal Nalar Pendidikan, 3(2), 79.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. UNY Press.

Mustafa, Setya, P., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Universitas Negeri Malang.

Pusung, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran dan Tugas Terstruktur dalam Pembelajaran SAINS. Zifatama Jawara.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Sinar. (2018). Metode Active Learning. Deepublish.

Siregar, C. (2014). Pancasila , Keadilan Sosial , Dan Persatuan Indonesia. Humaniora, 5(1), 109.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sudirman, & Maru, R. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Takari, E. R. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Genesindo.

Wanto, A. H. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. Jurnal of Public Sector Innovations, 2(1), 42.

Wiguna, A., Sumantri, & Raga. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Gugus III Kecamatan Rendang. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 3.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Gabungan. Kencana.

Zulmiyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 351 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)