Analisis Dampak Google Terjemahan pada Keterampilan Menulis Siswa

Nur Fitriani(1*), Maemuna Muhayyang(2), Ulil Amri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini berfokus pada penggunaan Google Translate pada keterampilan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peran Google Terjemahan terhadap keterampilan menulis siswa dan (2) pengaruh Google Terjemahan terhadap aktivitas menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 5, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang berjumlah 26 orang. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menggunakan Google Terjemahan untuk beberapa aspek. Yang pertama sebagai alat penerjemah. Kedua, sebagai alat belajar komponen Bahasa Inggris seperti kosa kata dan pengejaan. Selanjutnya efek yang timbul akibat menggunakan Google Terjemahan dibedakan menjadi dua yaitu efek positif dan efek negatif. Efek positif menggunakan Google Terjemahan yaitu dapat menghemat waktu karena lebih praktis dan sangat efisien, dapat menambah kosa kata, dan dapat mengecek tata bahasa. Sedangkan negatif efek yang ditimbulkan yaitu menyebabkan ketergantungan, membuat malas membuka kamus untuk mencari referensi lain, membuat malas untuk mengecek ulang terjemahan mereka, dan yang terakhir adalah membuat keterampilan menulis mereka berkurang. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Google Terjemahan memiliki beberapa peran untuk mendukung keterampilan menulis siswa dengan beberapa efek positif dan negatif yang mempengaruhi kegiatan menulis siswa.

 

Kata Kunci: Google Terjemahan, keterampilan menulis, peran, efek.


Full Text:

PDF

References


Al-Badi, I. A. H. (2015). Academic writing difficulties of ESL learners. WEI International Academic Conference Proceedings.

Catford, C. J. (1965). A linguistic theory of translation. Oxford University Press.

Chandra, S. O., & Yuyun, I. (2018). The use of Google Translate in EFL essay writing. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 21(2).

Frazer, T. C., Fromkin, V., & Rodman, R. (1984). An Introduction to Language. Language, 60(2). https://doi.org/10.2307/413657

Maulida, H. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Translate Sebagai Media Menerjemahkan Materi Berbahasa Inggris. Jurnal SAINTEKOM, 7(1). https://doi.org/10.33020/saintekom.v7i1.21

Naning Pranoto. (2004). Creative writing: 72 jurus seni mengarang. PT. Primadia Pustaka.

Salzmann, Z., & Bell, R. T. (1993). Translation and Translating: Theory and Practice. Language, 69(1). https://doi.org/10.2307/416432

Saputra, Dian. (2017). Exploring the Utilization of Machine Translation as a Language Learning Tool in EFL Classroom.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa, keterampilan menulis.

Tinsley, R. L., & Brislin, R. W. (1977). Translation: Applications and Research. The Modern Language Journal, 61(5/6). https://doi.org/10.2307/325729


Article Metrics

Abstract view : 9240 times | PDF view : 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)