Masalah dan Solusi implementasi Kurikulum 2013 dalam pelajaran bahasa inggris pada Sekolah Menengah Pertama

Haerunnisa Yamin(1*), Syarifuddin Dollah(2), Ulil Amri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini berfokus pada masalah dan solusi implementasi Kurikulum 2013 dalam pelajaran Bahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan implementasi kurikulum 2013. (2) memberikan rekomendasi yang memungkinkan, solusi penerapan kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah dan solusi implemetasi Kurikulum 2013 pada pelajaran bahasa Inggris terdapat beberapa yaitu: masalah yang guru hadapi (1) kesiapan guru untuk menerapkan kurikulum 2013 ditinjau dari segi penilaian (2) Penggunaan metode pembelajaran yang kurang dipahami oleh siswa dan (3) sarana dan prasarana yang kurang mendukung. Dari masalah tersebut, solusi yang dilakukan oleh Guru antara lain (1) lebih banyak melakukan pelatihan keterampilan dan pengetahuan (2) guru berusaha meningkatkan kreativitasnya dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga siswa lebih antusias belajar dan (3) sarana dan prasarana kurang mendukung dikejar oleh guru dengan kegiatan pembelajaran yang lebih kreatif, yaitu belajar di luar yang kelas sehingga memberikan suasana yang berbeda dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan masalah yang siswa hadapi (1) metode pembelajaran yang digunakan guru, (2) pemaparan materi yang kurang sehingga tidak fokus pada materi. Untuk mengatasi masalah tersebut solusi yang dilakukan oleh siswa yaitu (1) lebih banyak bertanya tentang materi yang dibahas, (2) siswa berupaya lebih aktif lagi untuk bertanya, membuat kelompok belajar, mencari melalui internet, perpustakaan, dan belajar sendiri yang menurut mereka dapat membantu memahami materi sehingga dapat melengkapi pengetahuan yang hilang di sekolah.

 

Kata Kunci: Masalah dan solusi, Implementasi, Kurikulum 2013


Full Text:

PDF

References


Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2017). SuperVision and Instructional Leadership: A Developmental Approach [8th Edition] pdf. In S.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persarada Press. In Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persarada Press.

Ismawati, E. (2015). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Ombak.

Maharani, E. (2016). Mendikbud Ingin Ubah Kurikulum 2013. https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/09/06/od387f335-mendikbud-ingin-ubah-kurikulum-2013.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.

nurgiyantoro, burhan. (1988). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. BPFE.

Purwanto, M. P. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusdiana. (2013). Pengelolaan Pendidikan. Pustaka Setia.

Sudja’I, A. (2013). Pengembangan Kurikulum. AKFI Media.

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. . Pustaka Setia.

Uno, H. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 2416 times | PDF view : 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)