Implementasi Rencana Kerja di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Makassar

Ainun Afizhah(1*), Wahira Wahira(2), Muh Ardiansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Pengimplementasian Rencana Kerja Sekolah di SMP IT Ibnul Qayyim Makassar Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui gambaran Implementasi Rencana Kerja Sekolah (RKS) di SMP IT Ibnul Qayyim Makassar. Focus penelitian dalam penelitian ini yakni mengetahui bagaimana gambaran implementasi Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan gambaran Implementasi Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) di SMPIT Ibnul Qayyim Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan Fenomonologi. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, operator sekolah, wakasek kesiswaan, wakasek kurikulum, wakasek sapras, wakasek humas, guru, dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap display data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Rencana Kerja Sekolah di SMPIT Ibnul Qayyim Makassar yang terdiri dari aspek kesiswaan, kurikulum dan pembelajaran, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan, visi, misi, dan tujuan serta program unggulan sekolah, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa Implementasi Rencana Kerja Tahunan (RKT) di SMPIT Ibnul Qayyim Makassar sudah berjalan dengan baik namun ada beberapa aspek pula yang tidak berjalan dengan baik seperti aspek sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, serta peran serta masyarakat dan kemitraan. sedangkan dalam Implementasi Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sudah berjalan dengan baik dalam wujud visi, misi, tujuan dan program unggulan sekolah.

 

Kata Kunci: Implementasi, RKS, RKT, RKJM,


Full Text:

PDF

References


Ahmad Calam, A. Q. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal SAINTIKOM, Vol. 15 No.

Ali Sudin. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. UPI Press.

Ariska, R. S. (2015). Manajemen Kesiswaan. Manajemen Pendidikan, 9 nom, 828–835.

Chairani, Y. (2016). Silabus sebagai Landasan Pelaksanaan dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru yang Profesional. Jurnal Taburasa, 11–22.

Eva Maryamah. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 2, 86–96.

Fadillah Windaningrum. (2019). Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum antara SMKN 1 Kedawung Sragen dan SMKN 1 Bawen Semarang. Jurnal Pendidikan Islam, Vo, 17 No., 121–140.

Grindle, M. (1980). Politics and Policy Impelementation In The Third World. Priceton University Press.

Hartanti, T. (2016). Peningkatan Kemempuan dalam Penyusunan RKJM bagi Kepala Sekolah SD Gugus VII Durma UPTD Jebres Surakarta Tahun 2011/2012 melalui Supervisi Manajerial. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 11 No, 155–167.

Ike Malaya Sinta. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema, Vol. 4 No.

Imron, A. (2013). Rencana Kerja Sekolah.

Jatmiko, R. . (2004). Manajemen Strategik. Universitas Muhammadiyah Malang.

Jumi, G. (n.d.). No Titl.

Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Al-Afkar, Vol. VI No, 68–93.

Lukito, R. (2012). Manajeme Peran Serta Masyakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.

Makmun, U. S. S. dan A. S. (n.d.). Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mayangsari, I. (2020). Manajemen Kesiswaan dalam Menegembangkan Bakat Minat Ekstrakurikuler Mata Pelajaran Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggelek. IAIN TULUNGANGUNG Pendidikan Islam.

Misbah. (2009). Peran dan Fungsi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pemikiran Allternatif Kependidikan, 68–91.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Murniati. (2008). Manajemen Strategik: Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. 62. (2014).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 19. (2017).

Peraturan Pemerintah Nomor. 19. (2005).

Puspitasari, S. D. (2017). Implementasi Program Pendidikan Gratis Tingkat SMA Negeri di Kabupaten Sidenreng Rappang. 18–37.

Salusu. (2015). Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Grasindo.

Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Prenadamedia Grup.

Sri Rahayu. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Toha, M. (2014). Kepemimpinan dalam Manajemen. Raja Grapindo.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor. 20. (2003).

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu Pendidikan. Gavin Kalam Utama.


Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)