Pelaksanaan Kurikulum Pesantren di Madrasah Aliyah As’adiyah Putri Kabupaten Wajo

Yusna Ramadayani(1*), Ansar Ansar(2), Muh Ardiansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan kurikulum pesantren di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan, faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan kurikulum pesantren di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Kurikulum Pesantren di MAS As'adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo terbagi menjadi 2 sistem pembelajaran yaitu Pelaksanaan kurikulum pesantren tingkat pesantren yang menekankan kegiatan pengajian khalaqah sebagai pokok pembelajaran sementara pembelajaran madrasah sebagai penunjang Sedangkan pelaksanaan kurikulum tingkat semi-pesantren menjadikan pembejaran formal madrasah sebagai pokok sementara kegiatan pengajian khalaqah sebagai penunjang dan untuk pelaksanaan ekstrakurikuler di MAS As'adiyah semua santri sama-sama berpartisipasi baik yang tingkat pesantren maupun tingkat semi-pesantren. Faktor pendukung diantaranya, Tingginya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke MAS As'adiyah Putri Sengkang, Latar belakang pendidikan guru yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampuh, dan Bimbingan Al-mifta. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Keterbatasan alokasi waktu, Kurangnya kosa kata Bahasa Arab yang dimiliki beberapa santri, dan Keterbatasan buku paket

 

Kata Kunci: Pelaksanaan, Kurikulum, Pesantren


Full Text:

PDF

References


Abawihda, R. (2012). Kurikulum Pendidikan Pesantren dan Tantangan Perubahan Global. Jakarta: Pustaka Belajar.

Abdurrahman. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter. At-turas, Volume IV, No. 2.

Adisasmita, R. (2011). Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Aprila, N. (2020). Implementasi Kurikulum Terpadu Berbasis Pondok Pesantren di Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen Jambi Kota Seberang. hal.19.

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Atqia, Q. (2016). Manajemen Kurikulum Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pesantren (StudiI Kasus Di MTs Al Hikmah 2 Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes).

Faqihuddin, M. (2015). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Pesantren di MTs NU 32 Nasy’atul Hidayah Brangsol Kendal. 3.

Fathurrochman, I. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup . Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 1, no 01.

Islamiyah, N. H. (2019). Manajemen Kurikulum Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus Di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo).

Jazuli, S. (2018). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Pesantren dalam Mencapai Visi Misi Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Jayasakti Anak Tuha Lampung Tengah. Tesis Program Pasca Sarjana IAIN Metro.

Moleong, L. j. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A. (2015). Manajemen Kurikulum Sekolah Satu Atap(Studi Kasus di SMPN 6 Ingram Satu Atap). 16.

Ponpes, D. I., Urwatul, A. L., & Diwek, W. (n.d.). Implementasi manajemen kurikulum pesantren di ponpes al urwatul wutsqo diwek jombang. 4.

Studi, P., Pendidikan, M., Manajemen, J., Islam, P., Ilmu, F., Dan, T., & Hidayatullah, S. (2016). Manajemen kurikulum pondok pensantren madinatunnajah jombang tangeragn selatan.

Triwanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum Pembelajaran. Bumi Aksara.

Ulfa, M. (2008). Implementasi Kurikulum Muatan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Turen Kabupaten Malang. 6.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Pasal 15 Tentang Pendiri dan Penyelenggara Pesantren.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zainal, A. (2011). Konsep dan Model Perkembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zamakhsyari, D. (2011). Tradisi Pesantren tentang pandangan hidup Kiyai. Jakarta: LP3ES.


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)