Penerapan Aplikasi Duolingo sebagai Media untuk Meningkatkan Pengetahuan Kosakata Siswa

Hardiyanti Hardiyanti(1*), Muliati Muliati(2), Samtidar Samtidar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimental design yang melibatkan one group pre-test dan post-test yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Duolingo Application sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan kosakata siswa pada kelas VII MTs Mahyajatul Qurra’ Lassang, Takalar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dari A sampai D yang berjumlah 125 siswa, dan tiap kelas terdiri dari 30 sampai 33 siswa. Sampelnya adalah kelas A yang terdiri dari 33 siswa yang dipilih secara random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok kosakata berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan uji normalitas, T-test, dan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test (68.18) lebih besar dari rata-rata nilai pre-test (28.78). Cara untuk menguji hipotesis nol dapat ditolak atau tidak adalah dengan membandingkan p-value dengan standar tingkat signifikansi 0,05. Nilai p kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Artinya hipotesis nol dapat ditolak dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Duolingo Application efektif dalam meningkatkan pengetahuan kosakata siswa.

 

Kata Kunci: kosa kata, Duolingo Application, pre-test, post-test


Full Text:

PDF

References


A.M. Zainuri, (2011). English Vocabulary 1, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Aebersold, Jo Ann. (1997). From Reader to Reading Teacher, New York: Cambridge University Press.

Alqahtani, M. (2015). The importance of vocabulary in language learning and how to be taught. International journal of teaching and education, 3(3), 21-34.

Amri, S. (2013). Perkembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ary et Al. (2010). Introduction to research in education. 8th Ed. Belmont: Wadsworth Cengage Learning.

Balnaves, Mark., & Caputi, Peter. (2001). Intrroduction to Quantitative Research Methodes. London: sage.

Brown, C., & Payne, M. E. (1994). Five essential steps of processes in vocabulary learning. Paper presented at the TESOL Convention, Baltimore, M. D.

Carter, R., & McCarthy, M. (Eds.). (1988). Vocabulary and language teaching. London: Longman.

Finocchiaro, M. and M, Bonomo. (1973). The Foreign Language Learner: a Guide For Teacher. New York: Regent Publishing Company, Inc.

Gay, L. R. (1992). Educational Research: Competencies for Analysis and Application. 3rd.edn. London: Merrill Publishing.

Harmer, Jeremy. (1991). The Practice of English Language Teaching. London: Longman.

Hornby, A.S. (1995). Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English. London: Oxford University Press.

Kukulska-Hulme, Agnes, Lucy Norris, and Jim Donohue. (2015). “Mobile Pedagogy for English Language Teaching: A Guide for Teachers”. The British Council.

Laila Mahmudah. (2015). An Analysis Of Pronunciation Exercises In Duolingo Application And Its Contribution As English Learning Media. Thesis. Semarang: English Education and Teacher Training Faculty Walisongo State Islamic University Semarang.

M. Celce-Murcia and L. Mclntosh (Eds). (1978). Teaching English as a Second or Foreign Language (pp. 129-134). Rowley, MA: Newbury House.

Muttahidah, N. (2011). Improving Students’ Vocabulary Through Vocabulary Card (a Classroom Action Research in The First Grade of Mts. Nurul Falah School aat Pondok Ranji Ciputat Tangerang). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nafis Amin, Sausan., (2019) “The Effectiveness of Duolingo on Students’ Vocabulary Mastery at the Seventh Grade of MTsN 3 Tulungagung”. Thesis. Tulungagung State Islamic Institute.

Nation, P. (1994). New Ways in Teaching Vocabulary. Alexandria: TESOL.

Ridha, Ahmad Fauzi., (2018). “The Effectiveness of Duolingo in Improving Vocabulary Ability at the Sixth Grade of MI Darul Ilmi Banjarbaru School Year 2017/2018”. Thesis. Banjarmasin: Antasari State Islamic University.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Susanto Alpino and Ab Halim, Fazlinda. (2016). English Vocabulary Acquisition through Vocabulary Learning Strategy and Socio-Educational Factors: A Review. Malaysia: Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.


Article Metrics

Abstract view : 415 times | PDF view : 449 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)