Penggunaan Tekhnik Dua Tinggal Dua Tamu Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa

Besse Siska Ulfia Ningsih(1*), Haryanto Haryanto(2), Amirullah Amirullah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kebanyakan siswa sekarang mengalami kesulitan dalam membaca teks, hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan kosakata dan pengetahuan tata bahasa siswa. Mereka juga kesulitan untuk mengidentifikasi jenis teks  yang membuat banyak siswa bosan membaca teks yang memuat mata pelajaran yang tidak terkait di lingkungannya. Dengan kata lain, kemampuan pemahaman bacaan mereka sangat buruk. Penerapan Two Stay Two Stray Technique sebagai salah satu strategis dalam proses pembelajaran akan meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Rumusan masalah penelitian ini: Apakah penggunaan teknik Dua Tinggal Dua Tamu meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMA Mahjayatul Qurra Lassang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan tekhnik Dua Tinggal Dua Tamu dalam meningkatkan pemahaman membaca Siswa di SMA Mahjayatul Qurra, Lassang. Penelitian ini dilakukan di SMA Mahjayatul Qurra Lassang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pra-eksperimental menggunakan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MA dan X SMA yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata siswa pada pre-test. Nilai rata-rata post-test siswa adalah 70,80, sedangkan nilai rata-rata pre-test adalah 41,90. Selain itu, berdasarkan pengujian hipotesis, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, penggunaan teknik Dua Tinggal Dua Tamu dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa di SMA Mahjayatul Qurra, Lassang.


Full Text:

PDF

References


Aebersold, J., & Field M. (1997). From Reader to Reading Teacher. Cambridge: Cambridge University Press.

Duke, N. (2003). Comprehension instruction for informational text. Presentation at the annual meeting of the Michigan Reading Association. Grand Rapids, MI.

Grellet, F. (1981). Developing Reading Skilss . Cambridge University.

Harmer, J. (1991). The Practice of English Language Teaching ( New Edition ). New York.

Heilman, A., Blair, T.R, & Rupley, W.H. (1981). Principles and Practices of Teaching Reading. Colombus, Ohio, Caharles: Merril Publishing Company.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran & pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kagan, S. &. (1992). Cooperative Language Learning : A teacher's resource book. Englewood Clifts NJ: Prentice Hall.

Kintsch, W. (1998). Comprehension: A Paradigm for Cognition. Cambridge,UK: Cambridge University Press.

RAND, R. S. (2002). Reading for understanding : Toward a research and development program in reading comprehension. Santa Monica, CA: Office of Education Research and Improvement.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Sugiono, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta 111.


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)