KAJIAN PENYELENGGARAAN PROGRAM PELAYANAN PENDIDIKAN PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT

Arina Arsyad(1*), Ali Latif Amri(2), Latang Latang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penyelenggaraan program Paket C di PKBM Amanah Ummat Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan program Paket C di PKBM Amanah Ummat Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian Fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah 1 Pengelola PKBM Amanah Ummat, 3 orang tutor Paket C, 6 orang warga belajar Paket C. data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi langkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggraan program Paket C pada PKBM Amanah Ummat menjadi tiga tahap yaitu: 1) tahap perencanaan meliputi: identifikasi calon warga belajar dan mempersipakan RPP dan Silabus. 2) tahap pelaksanaan terbagi atas dua yaitu persyaratan pelaksanaan pembelajaran meliputi pengelompokkan warga belajar dan pembuatan jadwal yang disesuikan dengan kondisi saat ini kemudian pada pelaksanaan pembelajaran meliputi: pekerjaan warga belajar, sarana dan prasarana, media, modul dan sumber belajar, metode pembelajaran, menumbuhkan minat warga belajar, menumbuhkan skill/bakat warga belajar dan mengatasi warga belajar yang sulit memahami materi pembelajaran. 3) tahap evaluasi, pada tahap ini bertujuan untuk mengukur kemampuan warga belajar pada saat mengikuti proses pembelajaran Paket C.

 

Kata Kunci: Penyelenggaraan, Paket C, PKBM


Full Text:

PDF

References


Abdulhak Ishak, Suprayogi Ugi, 2012. Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka.

Bungin, Burhan. 2009. Analisis Penelitian Data Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, 2015. Petunjuk Tekhnis Penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C dan Prosedur Memperoleh Bantuan Operasional Kegiatan. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Dirjen PLS, Depdiknas 2003. Pedoman Bagi Penyelenggaraan Program Paket C. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, 2012. Standar dan Prosedur Penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2012. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Program Paket C. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.

Ihat Hatimah, 2006. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di PKBM. Jurnal Pengelolaan Pembelajaran ; Vol . No. 1/XXV/2006.

Joesoef, Soelaman, 1992 . Konsep Dasar Pendidikan Non Formal. Jakarta: Bumi Aksara.

Juliantoro, Dadang. 2000. 30 Tahun Cukup; Keluarga Berencana dan Hak Konsumen.Yogyakarta: PT.Penebar Swadya

Kamil, Mustofa.2009. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Kegiatan Belajar Mengajar PKBM di Indonesia “Sebuah Pembelajran dari KOMINKAN di Jepang”.

Kaniati, Rina dan Dodi Kusmayadi. 2013. Upaya Tutor dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Mandiri pada Warga Belajar Paket C di PKBM. Pelita Pratama Bandung. Jurnal Empowerment. 2. (2): 1-12

Khoiriah Latifah, 2019.” Penyelenggaraan Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Pati”. Skripsi. FIP, Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang.

Kuntoro Sodiq A, 2006. Pendidikan Nonformal (PNF) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF; Vol .1 No.2.

M. Arif Hidayat, Ali Anwar dan Noer Hidayah, 2017. Pendidikan non formal dalam meningkatkan keterampilan anak jalanan. Prodi PAI Tarbiyah, STAIN Kediri; Vol.1 No. 1 Februari 2017.

Marzuki, M. Saleh. 2012. Pendidikan nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andraggogi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy, J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan Nasional. 2008. Standar Proses Pendidikan Kesetaraan, Program Paket A, Program Paket B dan Program Paket C. Jakarta: Dapertemen Pendidikan Nasional.

Ningsih, Ely Sulistya. 2017. Evaluasi Program Paket C di PKBM Delima Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan. 2. (2): 224-241

Novitasari Dian, 2015. “ Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C di Unit Pelakana Teknis Sanggar Kegiatan Belajar Kabupeten Gunung Kidul”. Skripsi. FIP. Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Peraturan menteri pendidikan nasional (republik indonesia ) Nomor 3 Tahun 2008 tentang Standar Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C

Putri, M. S. (Presiden Republik Indonesia). (2003). Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Putra Nusa, 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri Eka, 2019. ” Penyelenggaraan Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di PKBM Merah Putih Kota Makassar”. Skiripsi . FIP, Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Makassar.

Setiawan, Wahyu Edy. Model Pembelajaran Partisipatif Dalam Meningkatkan Kamnadirian Perempuan Sebagai Kepala Keluarga. Universitas Negeri Palangkarya.

Sudjana, D. (2004). Pendidikan Nonformal (Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, serta Asas). Bandung: Falah Production.

Sudjana, Djuju. 2008. Evaluasi program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung:PT. RemajaRosdakarya.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kulitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama

Suhaenah Een, 2016. Implikasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Wraga Belajar Di skb Kota Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah ; vol .1, No. 1, Hlm, 141-165.

Suhendra Emi, 2014. “Implementasi Kebijakan Program Kesetaraan Paket C Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat”. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Administrasi Negara, Universitas Teuku Umar.

Tri Atmaja Danang Wijaya, 2017. ’’Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Di Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul Dalam Program Pemberantasan Buta Aksara”. Skripsi (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 300 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)