Analisis Kecemasan Berbicara Mahasiswa Selama Presentasi Seminar Online

Rezky Ramdani(1*), Maemuna Muhayyang(2), Ulil Amri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis kecemasan berbicara siswa dalam presentasi seminar online dan untuk mengetahui (2) dampak kecemasan berbicara siswa pada presentasi seminar online. Presentasi seminar online dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa tahun terakhir Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Instrumen data berupa kuesioner menggunakan PSCAS versi final oleh Yaikhong & Usaha (2012) dan wawancara. Angket diberikan kepada 33 siswa dengan 17 item pertanyaan. Setelah pemberian kuesioner maka partisipan dikurangi menjadi 10 siswa berdasarkan purposive sampling untuk sesi wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami kecemasan pada saat presentasi seminar online. Kecemasan berbicara mahasiswa dipengaruhi oleh faktor internal seperti cemas ditertawakan, malu dan gugup kemudian, faktor eksternal yang dapat mengganggu penampilannya selama presentasi seminar online seperti jaringan yang buruk, perangkat pendukung dan situasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada kemampuan bahasa inggris mahasiswa dalam menyampaikan materi, ide, dan menjawab pertanyaan di depan kamera dengan bahasa inggris sebagai bahasa kedua, khususnya pada kecemasan mahasiswa dalam presentasi seminar online menggunakan Aplikasi Teleconference. Hal ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi kendala yang mempengaruhi kecemasan berbicara mahasiswa dalam presentasi seminar online, mengantisipasi kendala tersebut, dan untuk penelitian ke depannya dalam mengatasi kendala presentasi seminar online

 

Kata Kunci: Kecemasan Berbicara, Seminar, Presentasi  Online


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Cassady, J. C. (2010). Anxiety in Schools: The Causes, Consequences, and Solutions for Academic Anxieties. Peter Lang.

Ellis, R. (2015). Understanding second language acquisition 2nd Edition-Oxford applied linguistics (2nd ed.). Oxford university press.

Fulcher, G. (2014). Testing second language speaking (Candlin C N (ed.); 2nd ed.). Routledge.

Horwitz, E. (2001). Language anxiety and achievement. Annual Review of Applied Linguistics, 21(1), 112.

Horwitz, E. K., Horwitz, M. B., & Cope, J. (1986). Foreign language classroom anxiety. The Modern Language Journal, 70(2), 125–132.

Izard, C. E. (2013). Patterns of emotions: A new analysis of anxiety and depression. Academic Press.

Maulana, M. (2019). Belajar Berbicara di Depan Kamera. https://www.muradmaulana.com/2019/01/belajar-berbicara-di-depan-kamera.html

Merriam-webster dictionary. (n.d.). No Title. https://www.merriam-webster.com/dictionary/online

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Oxford Learner’s Dictionaries. (n.d.). No Title. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/online_1?q=online

Parekh, R. (2017). No Title. In The American Psychiatric Association. The American Psychiatric Association. https://www.psychiatry.org/patients-families/anxiety-disorders/what-are-anxiety-disorders

Raras, H. (2019). Keterampilan Berbicara Dengan Pidato. Ina-Rxiv.

Sadighi, F., & Dastpak, M. (2017). The Sources of Foreign Language Speaking Anxiety of Iranian English Language Learners. International Journal of Education and Literacy Studies, 5(4), 111–115.

Stowell, J. R., & Bennett, D. (2010). Effects of Online Testing on Student Exam Performance and Test Anxiety. Journal of Educational Computing Research, 42(2), 161–171. https://doi.org/10.2190/EC.42.2.b

Sugiyono, S. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&b. bandung. Indonesia: Alfabeta.

Wedasuari, I. (2016). No Title. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 6(2).

Zhang, W., & Liu, M. (2013). Evaluating the impact of oral test anxiety and speaking strategy use on oral English performance. Journal of Asia TEFL, 10(2).


Article Metrics

Abstract view : 1070 times | PDF view : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)