Studi Kasus Tentang Alih Kode Yang Digunakan oleh Dosen di Departemen Bahasa Inggris Universitas

Ayu Alfianty Nurachman(1*), Amirullah Amirullah(2), Samtidar Samtidar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dikategorikan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sebagai studi kasus untuk mengetahui jenis alih kode yang biasa digunakan oleh dosen di Jurusan Bahasa Inggris UNM, untuk mengetahui saat dosen menggunakan alih kode di kelas, dan untuk mengetahui mengapa dosen menggunakan alih kode di kelas. Dalam penelitian ini peneliti akan memilih dua subjek penelitiannya. Mereka adalah dosen Jurusan Bahasa Inggris UNM yang merupakan dosen tetap di Fakultas Bahasa dan Sastra. Data penelitian diperoleh dengan wawancara. Peneliti menerapkan wawancara mendalam kepada dosen yang terbiasa menggunakan alih kode di kelas mereka untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang penggunaan alih kode oleh dosen di kelas bahasa. Analisis data menggunakan data kualitatif yang terdiri dari tiga jenis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis di atas peneliti menyimpulkan bahwa jenis-jenis praktik alih kode yang dilakukan oleh dosen di Jurusan Bahasa Inggris UNM ada tiga jenis yaitu inter-sentential, intra-sentential, dan tag switching. Dosen menggunakan alih kode ketika mereka tidak dapat menemukan kata atau frase yang benar atau ketika tidak ada terjemahan yang dapat diterima untuk bahasa yang digunakan. Dosen menggunakan alih kode di kelas untuk klarifikasi dan bersikap tegas tentang sesuatu. (antara 200 – 250 kata).

 

Kata Kunci: Alih kode, Studi Kasus, Dua Dosen (antara 4-6 kata)


Full Text:

PDF

References


Airasian & Gay L. R. (2000). Educational Research: Competencies for Analysis and Application Sixth Edition. Jersey: Prentice Hall Inc.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Charlotte, H. (1991). An Introduction to Bilingualism. Essex: Pearson Education Limited.

D. Ary, L.C. Jacobs, A. R. (1985). Introduction to Research. Winston.

Dell, H. (1979). The Communicative Approach to Language Teaching. In On communicative competence. In K. Johnson & C. Brumfit (Eds.). Oxfor.

Denzin, Norman K, Y. S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Pustaka Pelajar.

Eunhee, K. (2006). Reasons and Motivations for Code-Mixing and Code-Switching. Issues in EFL, 4(1).

Fallis Guadalupe Valdes. (1978). Code Switching and the Classroom Teacher. Language in Education: Theory and Practice, No. 4.

Ghaill, M. M. an. (2010). Qualitative Research Methods in Education. Sage (Reprinted).

Grace, W. (2006). A Preminilary Study of Code-Switching in the Speech of an Indonesian Bilingual. University of Indonesia.

Hanna, Y. (2004). The Functions of Code-Switching in EFL Classroom Discourse. University of Jyvaskyla.

Kun, M. W. (2011). Switching and Mixing Code. Journal Linguistik Terapan, Politeknik Negeri Medan, 1, 46.

Lodico, G, Marguerite, Dean T. Spaulding, K. H. V. (2006). Methods in Educational Research From Theory to Practice San Fransisco. Jossey Bass. http://jurnal.methods.ac.id

Miles, B. Mathew & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Myers, S. C. (2006). Voices: An Introduction to Bilingualism (London). Wiley-Blackwell.

Richard, S. (1997). Code-Switching as a Countenance of Language Interference. TESL Journal, 3, 1–2.

Shana, P. (1980). Sometimes I'll start a sentence in Spanish YTERMINO EN ESPANOL. toward a typology of code-switching.

Stake, R. E. (1995). The art of case study research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.


Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)