Analisis Pengelolaan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan Pada Sekolah Menengah Pertama

Ulfi Aulia Suratman(1*), Sumarlin Mus(2), Muh Ardiansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan SKTB di SMP Negeri 2 Sungguminasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan SKTB di SMP Negeri 2 Sungguminasa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam perencanaan SKTB, sasaran yang menjadi acuan sekolah ialah tujuan dari kebijakan pendidikan tersebut yang tertuang dalam perda Kabupaten Gowa no.10 tahun 2013. Beberapa strategi penunjang penerapan SKTB di sekolah yaitu, mengadakan pojok baca, membentuk kelompok belajar, pengoptimalisasian fungsi wali kelas dan membentuk tim-tim khusus penunjang SKTB. SMP Negeri 2 Sungguminasa telah menjalankan seluruh komponen dari SKTB sesuai dengan juknis; kecuali komponen deteksi dini yang pelaksanaanya masih kurang sesuai. Sarana prasarana yang lengkap dan kompetensi guru yang mempuni menjadi faktor pendukung pelaksanaan SKTB di sekolah tersebut. Perekapan nilai secara keseluruhan dan waktu pemberian remedial/klinik dini menjadi faktor penghambatnya. Evaluasi yang dilakukan sekolah melalui pemberian tugas dan tes kepada peserta didik, kegiatan supervisi akademik, dan untuk pelaksanaan komponen SKTB dievaluasi melalui rapat evaluasi/penaikan kelas.

 

Kata Kunci: SKTB, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi


Full Text:

PDF

References


Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen : Teori dan Aplikasi. AE Publishing.

Ayatollah, H., & Batari, U. T. (2014). Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan. Edukasi Mitra Grafika.

Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda Kab.Gowa. (2013). Pedoman Umum Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan. Dinas Pendidikan, Olahraga, dan Pemuda Kab.Gowa.

Fajar.co.id. (2018). Pelajar Gowa Malas dan Apatis Gara-gara SKTB, Ini Buktinya. https://fajar.co.id/2018/04/14/pelajar-gowa-malas-dan-apatis-gara-gara-sktb-ini-buktinya/2/

Hamid., & Hazwar, M. (2017). Penerapan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SDN Paccinongan Unggulan. 30–31.

Helaluddin., & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif : Sebuah Tinjauan Teori & Praktek. Sekolah Tinggi Theology Jaffray.

Mahmuddin. (2017). Tata Kelola Program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di Kabupaten Gowa. Skripsi, 19.

Mata Sulsel.com. (2018). Tak Takut Tinggal Kelas, Penyebab Siswa Gowa Malas Belajar. http://matasulsel.com/tak-takut-tinggal-kelas-penyebab-siswa-gowa-malas-belajar/

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Perda Kab.Gowa No.10. (2013). tentang Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan.

Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. Deepublish.

Saifuddin. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Deepublish.

Sanjayana, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Suyuthi, N. F. (2020). Teori, Tujuan dan Fungsi : Dasar - Dasar Manajemen. Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 86 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)