Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up Book terhadap Hasil Belajar Siswa terkait Materi Perpindahan Kalor

Musfirah Musfirah(1*), St Maryam(2), Devi Astri Yunasri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran pop-up book terhadap hasil belajar siswa tentang perpindahan kalor di sekitar kita pada kelas V SD Negeri 46 Membura Kabupaten Enrekang. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain pre-experimental dalam bentuk one group pretest-posttest design. Jenis teknik sampling yang digunakan adalah sensus atau sampling total dengan jumlah sampel 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes awal (pretest) siswa yaitu 51,14 dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan rata-rata nilai tes akhir (posttest) siswa yaitu 82,50. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan sig (2-tailed) < 0,005 (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tentang perpindahan kalor di sekitar kita pada kelas V SD Negeri 46 Membura, Kabupaten Enrekang.

 

Kata Kunci: pop-up book, hasil belajar, perpindahan kalor


Full Text:

PDF

References


Ain, N., & Kurniawati, M. (2012). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Nurul. Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, 316–328.

Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49–57.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakuaden kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 221–228.

Hakim, A., Israwaty, I., & Rustam, D. H. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Tema 2 tentang Kewajiban , Hak dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. XX, 1–6.

Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Jokjakarta: DIVA Press.

Maryam, St., Zaid, Z., & Armila. (2019). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 2(1), 1-12.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221.

Mursadin, A., & Subagyo, R. (2016). Bahan Ajar Perpindahan Panas I HMKK 453. 1–51.

Rusman. (2017). belajar & pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.

Sinring, Saman, Pattaufi, & Amir, R. (2016). Panduan Penulisan Skripsi (Proposal, Skripsi, & Karya Ilmiah). Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Siregar, A., & Rahmah, E. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 10–21.

Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A.. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syahrum and Salim, S. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (p. hal 115-116).

Undang Undang Republik Indonesia NO.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.


Article Metrics

Abstract view : 387 times | PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)