Analisis Soal Membaca pada Buku Ajar Bahasa Inggris berjudul berdasarkan Taksonomi Bloom

Asridawati Asridawati(1*), Haryanto Haryanto(2), Ulil Amri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai tingkat dominan apa saja dari enam tingkat domain kognitif Taksonomi Bloom yang direvisi pada pertanyaan uraian yang terdapat dari setiap teks bacaan dalam buku ajar Bahasa Inggris berjudul “Bahasa Inggris untuk SMA/MA, SMK/MAK Kelas X”. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan metode analisis isi karena peneliti mengidentifikasi karakter materi dalam buku teks,  khususnya pertanyaan uraian yang terdapat dalam buku ajar tersebut. Selanjutnya, data dikumpulkan secara kualitatif. Peneliti menggunakan buku ajar dan kartu analisis sebagai sumber data dan menggunakan tabel checklist dalam mengumpulkan dan menganalisis data untuk menemukan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah level yang paling dominan dari keenam level domain kognitif Taksonomi Bloom yang direvisi dalam buku ajar Bahasa Inggris berjudul “Bahasa Inggris untuk SMA/MA, SMK/MAK Kelas X”adalah level mengingat dengan presentase 68.1%. Kemudian disusul oleh level memahami dengan presentase 19%, level menganalisis dengan presentase 7%, level mengevaluasi dengan presentase 5.4%, dan level menerapkan dengan presentase 0.5%. Sementara itu, tidak ada pertanyaan yang mengacu pada level mencipta. Hal ini berarti persebaran level domain kognitif Taksonomi Bloom yang direvisi pada buku ajar tersebut tidak seimbang karena adanya penumpukan pertanyaan pada level mengingat sementara tidak ada pertanyaan yang mengacu pada level  mencipta.

 

Kata Kunci: Membaca, Taksonomi Bloom, Domain Kognitif, Buku Ajar


Full Text:

PDF

References


Airasian, P. W., & Russell, M. K. (2008). Classroom Assessment: Concepts and Applications (6th ed.). McGraw-Hill.

Anderson, L. W., Krathwohl, D., Wittrock, M., & Airasian, P. W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objective’s. Addison Wesley Longman. Inc.

Anderson, R. (2007). Thematic Content Analysis: Descriptive Presentation of Qualitative Data. http://rosemarieanderson.com/wp-content/uploads/2014/08/ThematicContentAnalysis.pdf

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2003). Qualitative Research of Education: An Introductive to Theories and Methods (4th ed.). Allyn and Bacon.

Crawley, S. J., & Merritt, K. (2000). Remediating Reading Difficulties (3rd ed.). McGraw-Hill.

Cunningsworth, A. (1998). Choosing Your Coursebook. Macmillan Publisher.

Kuswana, W. (2012). Taksonomi Kognitif. PT. Remaja Rosdakarya.

Linse, C. T. (2006). Practical English language Teaching: Young Learners. McGraw-Hill.

Reed, A. J. S., Bergemann, V. E., & Olson, M. W. (1998). In the Classroom: An Introduction to Education. McGraw-Hill.

Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge. Cambridge University Press.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Ur, P. (2009). A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge University Press.


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)