Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Anak Penderita Kanker : Studi Kasus Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Di Makassar

Wildhan Marwan(1*), Ali Latif Amri(2), Latang Latang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penyelenggaraan pembelajaran pada anak penderita kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan pembelajaran di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Kota Makassar, 1 orang admin keuangan, 4 orang tenaga pendidik dan 3 orang peserta didik. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penyelenggaraan pembelajaran pada anak penderita kanker terbagi menjadi tiga tahap yaitu: 1). Tahap perencanaan meliputi: identifikasi kebutuhan, tujuan penyelenggaraan pembelajaran. 2) tahap pelaksanaan meliputi: melibatkan siswa secara aktif, menarik minat dan perhatian siswa, membangkitkan motivasi siswa, memberikan pelayanan individu, menyiapkan dan menggunakan berbagai media dalam pembelajaran. 3) tahap evaluasi meliputi: evaluasi sebelum pembelajaran, evaluasi selama proses pembelajaran, evaluasi setelah pembelajaran.

 

Kata Kunci: Penyelenggaaraan Pembelajaran, Anak Penderita Kanker.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. 2016 metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Amri, A. Latif. 2013. Bahan Ajar Satuan Dan Program PLS. Makassar : Jurusan PLS FIP UNM.

Badan Kesejahteraan Sosial Nasional (BKSN), 2000. Modul Pelatihan Rumah Singgah. Jakarta.

Dedi, 2013. Belajar dan pembelajaran (online). https://dedi26.blogspot.com/2013/04/pengertian-pembelajaran-menurut-para.html. (diakses Pada 09 mei 2020).

Fakhrurrazi, 2018. Hakikat pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir Vol XI No 1. (Diakses Pada 14 mei 2020).

Fathoni dan Riyana 2011, kurikulum dan pembelajaran. Bandung : Rajawali Pers.

Globocan, 2019. Hari kanker sedunia 2019-kementrian kesehatan republik indonesia. https://www.Kemes.go.id/article/view/19020100003/hari-kanker-sedunia-2019.html. (Diakses Pada 09 mei 2020).

Hakim Lukman, 2019. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Sandiarta Sukses.

Henri dan Towil, 2013. Pembinaan Moral Anak Jalanan Di Rumah Singgah Akmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Citizenship Vol 3 No 1. (Diakses Pada 22 desember 2020).

Nata abudin, 2009. Perspektif islam tentang strategi pembelajaran. Jakarta: kencana.

Nurhadi, suwardi. 2010. Evaluasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Parwati Nyoman dkk, 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok jawa barat: Raja Grafindo Persada

Pemerintah Indonesia, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pemerintah Indonesia, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada Pasal 32 Ayat 1 Tentang Pendidikan Khusus.

Rahchmawati Tutik, Daryanto, 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media

Rosyada, 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis (Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran), Jakarta: Prenada Media.

Ruhimat, Toto, Dkk. 2011. Kurikulum dan pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers

Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, jakarta: Kencana.

Strauss, corbin juliet. 2003. Dasar-dasar penelitian kualitatif. Yogyakarta: pustaka belajar.

Suardi, 2018. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Sudjana, 2000. Pendidikan Luar Sekolah. Karawang: Nusantara Press.

Sudjana, 2021. Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan Falsafah & Teori Pendukung Serta Asas. Bandung: Falah Production

Sugandi, Achmad, Dkk.2004. Teori pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES

Sugiyono, 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: alfabeta.

Sumiati dan asra, 2019. Metode pembelajaran. Bandung; Sandiarta sukses.

Sutarto,j. 2008. Identifikasi Kebutuhan Dan Sumber Belajar Pendidikan Nonformal. Semarang: Unnes Press.

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan pembelajaran. Lombok; Holistica.

Yaumi, muhammad. 2018. Media dan teknologi pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)