Kemampuan Mengenal Huruf Hija’iyah Melalui Metode VAKT Pada Anak Tunarungu

Nuranita Nuranita(1*), Djoni Rosyidi(2), Dwiyatmi Sulasminah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan anak tunarungu dalam mengenal huruf hija’iyah. Tunarungu merupakan suatu istilah bagi mereka yang mengalami hambatan dalam kemampuan mendengar baik Tuli maupun kurang dengar. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan mengenal huruf hija’iyah yaitu dengan menggunakan metode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal huruf hija’iyah melalui metode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) pada anak tunarungu. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunarungu yang tergolong Tuli kelas IV di SLB Negeri Sinjai. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) yaitu memfokuskan pada individu sebagai sampel penelitian dengan desain penelitian A – B – A. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunaakan statistic deskriptif dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian pada subjek menunjukkan terjadi peningkatan persentase kemampuan mengenal huruf hija’iyah sebelum dan sesudah intervensi. Mean level pada fase baseline 1 sebesar 10, mean level pada fase intervensi sebesar 58,98 dan mean level pada fase baseline 2 adalah sebesar 91,06. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan mean level sebesar 81,06 dari fase baseline 1 ke fase baseline 2. Maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode VAKT dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hija’iyah pada anak tunarungu.

 

Kata Kunci: Kemampuan mengenal huruf hija’iyah, Tunarungu, Metode VAKT


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Pada Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Atmo, M. Sidiq. (2000). Pendidikan Pada Anak Disleksia. Ujung Pandang. Depdikbud, DIKTI.

Basam, F., & Sulfasyah, S. (2018). Metode Pembelajaran Multisensori Vakt Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas Ii. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 18–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1235

Hijaiyah, H., & Anak, P. (2013). ( Penelitian Single Subject Research terhadap Siswa Kelas D4 di SLB-B Prima Bhakti Mulya Kota Cimahi ).

Tahun, A., Penerapan, P., Vakt, M., Maspika, S., & Psi, M. (2019). Tactile ) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pendahuluan Sekolah dasar merupakan pendidikan formal yang menjadi dasar dalam mencari ilmu pengetahuan . Pendidikan di sekolah dasar peranan yang sangat penting bagi siswa , karena kepadanyalah mula- mula . 2(1), 61–78.

Santrock, J. W. 2002. Education Pschycologi (Psikologi Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenanda Group

Saska, R. (2005). Metode CASH Cara Cepat Praktis Belajar Al-Qur’an. Pontianak: Apollo

Sugiharto, H. (2016). Metode VAKT terhadap kemampuan membaca anak kesulitan belajar. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–8

Sukarti. (2011). upaya mengatasi kesulitan anak kelas I dalam membaca huruf hijaiyah pada mata pelajaran BTA dengan metode reading aloud di SDN Kertasura 2. Skiripsi. Yogyakarta:UIN Sunana Kalijaga Yogyakarta.

http://core.ac.uk/download/pdf/78026421.pdf

Siwanti, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Vakt Dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(September), 122–133. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Somantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. CRICED University of Tsukuba, 1–150.

Pada, V., Disleksia, A., Donal, Y. Van, & Efrina, E. (2019). MELALUI METODE VISUAL , AUDITORI , KINESTETIK , TAKSTIL. 1, 43–50.

Wardani,IG.A.K,dkk. 2012. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Banten:Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 360 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)