Motivasi Peserta Terhadap Program Tahsin Al-Qur’an di Majelis Ta’lim

Muallim Muallim(1*), Latang Latang(2), Muh Ali Latif Amri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Peserta terhadap Program Tahsin Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Darul Amanah Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian pada motivasi peserta dilihat dari motivasi intrinsik dan ekstrinsiknya dalam mengikuti Program Tahsin Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Darul Amanah Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Sumber data dalam penelitian ini sebanyak 15 orang yang merupakan peserta yang merupakan orang dewasa pada Program Tahsin Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Darul Amanah Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa Angket dan Dokumentasi. Motivasi intrinsik pada orang dewasa dapat dilihat pada adanya hasrat dan keinginan berhasil orang dewasa yang tinggi, mempunyai dorongan dan kebutuhan dalam belajar, serta harapan dan cita-cita masa depan setelah mengikuti pembelajaran. Selanjutnya motivasi ekstrinsik orang dewasa dalam mengikuti program tahsin Al-Qur’an yaitu adanya penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar, serta terdapat lingkungan belajar yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi intrinsik peserta program dalam mengikuti program pembelajaran tinggi, (2) motivasi ekstrinsik peserta program dalam program pembelajaran tinggi. Sehingga Motivasi peserta termasuk tinggi atau motivasi yang kuat terhadap Program Tahsin Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Darul Amanah Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

 

Kata Kunci: Motivasi, Peserta, Program, Tahsin Al-Qur’an, Majelis Ta’lim


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2014). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Aziz, a. L. (2017). Pengaruhmotivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis kelas x peserta didik kelas x di smkn 4 makassar. ,vol37, no.1/2, 1–27. Https://ci.nii.ac.jp/naid/40021243259/

Iriani, N. I. (2010). Motivasi Instrinsik Dan Ekstrinsik.Pdf. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/354/390

Kemendikbud. (2019). KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Lopez, s. j. (2009). The Encyclopedia od Positive Psychology. Blackwell Publishing.

Muhsin, M. (2009). Manajemen Majelis Ta’lim: Petunjuk Praktis Pengelolaan dan Pembentujannya. Pusat Intermasa.

Pristiwaluyo, T., Ali, M. S., & Sappaile, B. I. (2016). Hasil belajar evaluasi program ditinjau dari kreativitas dan motivasi berprestasi pada mahasiswa S2 PEP PPs Universitas Negeri Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 507–511.

Priyitno, E. (1989). Motivasi Belajar. P2LPTK.

Pusbalitbang. (2007). Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pendalaman Ajaran Agama melalui Majelis Ta’lim. Pusbalitbang Kehidupan Keagamaan.

Putra, aditya kamajaya. (2013). Aditya Kamajaya Putra; Pengaruh Motivasi Intrinsik …. 1.

Sardiman. (2018). Interaksi & Motivas Belajar Mengajar. Raja Grafindo Perkasa.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Teundang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Bab Ii, Pasal 3, 1 (2003). 1–21.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata. (2012). Psikologi Kepribadian. Rajawali Pers.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Perkasa.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 465 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)