Peran Tutor Kejar Paket C Di Pusat Pembelajaran (PKBM Amanah Ummat) di Kota Makassar

Dian Puspita Saedin(1*), Latang Latang(2), Suardi Suardi(3),

(1) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
(2) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Tutor Kejar Paket C di PKBM Amanah Ummat Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang di gunakan adalah studi kasus. Subyek Penelitian ini adalah Tutor Paket C, Pengelola PKBM Amanah Ummat, dan Warga Belajar Paket C di PKBM Amanah Ummat Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan Metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Peran yang dilakukan oleh Tutor pada Program Kejar Paket C yaitu: Peran Tutor sebagai Motivator dimana Tutor memberikan Motivasi kepada Warga belajar yang rata-rata adalah seorang pemulung dan pekerja sampah untuk bisa bersekolah kembali melanjutkan pendidikan mereka dan mereka pun bisa terus aktif dalam proses pembelajaran dengan tidak malu mengungkapkan berbagai pendapat yang mereka miliki saat berlangsungnya proses pembelajaran. Peran yang kedua yaitu Tutor sebagai Mediator dimana tutor menjadi seorang penengah dalam proses pembelajaran melalui Pengenalan berbagai macam media media pembelajaran yang dapat menunjang terlaksananya proses pembelajaran agar warga belajar tidak mudah bosan ketika pembelajaran diselingi dengan menggunakan berbagai macam media media tersebut. Peran yang ketiga yaitu Tutor sebagai Informator dimana tutor harus selalu memberikan berbagai informasi informasi baik itu terkait mekanisme mekanisme pembelajaran agar warga belajar bisa selalu mengetahui apa yang akan mereka belajarkan nantinya.

 

Kata Kunci: Peran, Tutor, Paket C, PKBM


Full Text:

PDF

References


Ii, C. (n.d.). Suranto Aw 1.pdf.

Interaksi, S., Motivasi, D., & Mengajar, B. (n.d.). Sardiman Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pdf 398 Sardiman Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pdf 398 1 / 2. 2–3.

Iswara, T., & Rosnelli, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 54–63.

Kamil, M. (2007). Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Nonformal Dalam Membangun Kemandirian Warga Belajar. Jiv, 2(2), 11–20. https://doi.org/10.21009/jiv.0202.2

Marzuki, K., & Amir, R. (2020). Learning Satisfaction of Students in Equivalency of Package C Learning Program. Digital Press Social Sciences and Humanities, 6, 00008. https://doi.org/10.29037/digitalpress.46374

Mobil, S., Lembaga, D. I., & Dan, K. (2018). Peran tutor dalam pembelajaran pelatihan setir mobil di lembaga kursus dan pelatihan (lkp) sahara demak.

Murni, J. S., Bahari, Y., & Rustiyarso. (2018). Analisis Pengguna Smartphone Siswa Dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Xi Iis 1 Sman 01 Toho. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(5), 1–11.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. a N., & Indonesia, R. (2013). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. 2013–2015.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Teundang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Bab Ii, Pasal 3, 1 (2003). 1–21. www.hukumonline.com

Siswanto, H. B. (2012). manajemen produksi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.1016/j.tws.2012.02.007

Soekanto, S. (2013). Sosiologi: Suatu Pengantar. In Journal Ekonomi dan Bisnis Indonesia (Vol. 23, p. 187).

Suyanto, A. D., & Djihad, A. (2012). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. In Yogyakarta: Multi Pressindo.

Usman, M. U. (2013). 1Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002, 2Azhar. 53(9), 1689–1699.


Article Metrics

Abstract view : 542 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)