Application of Cognitive Restructuring Techniques to Improve Academic Self-Efficacy of Junior High School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Zubaidah & Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Asawaja Pressindo
Anisanti D M. 2020. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturisasi Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Stres Akademik Siswa. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling
Apriyanti, S. 2014. Efektifitas Teknik Restructuring Kognitif Untuk Mereduksi Kecemasan Komunikasi Pada Remaja: Penelitian Pra-Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia.
Arifin, B. S. 2015. Dinamika Kelompok. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ardian Renata Manuardi. 2021. Konseling Dengan Strategi Restrukturisasi Kognitif Serta Pengaruhnya Terhadap Efikasi diri Performansi Akademik. Quanta. Vol. 5. No. 2. Hal 46-55
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta
Cheng, Y. H., Tsai, C. C., & Liang, J. C. 2019. Academic hardiness and academic self-efficacy in graduate studies. Higher Education Research and Development, 38(5), 907–921.
Christiana, R. 2018. Keefktifan Peer Modeling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Maasiswa dalam Menguasai Keterampilan Berbahasa Inggris. Hibualamo, 2(2), 61-65.
Erford, B. T. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghufron, M.N., dan Risnawati, R. 2016. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: ARRuzz Media.
Ghufron, M.N. dan Rini R.S. 2016. Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 21, No. 1, hal. 20-30
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Habsy, B.A. 2022. Panorama Teori-Teori Konseling Modern Dan Post Modern: Refleksi Keindahan dalam Konseling. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Habsy, B. A. 2018. Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa SMP. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 15-26.
Hardianto Gusriko, Erlamsyah, Nurfarhanah. 2014. Hubungan Antara Efikasi diri Akademik Dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor. Vol. 3 No. 1. Hal 1-7.
Harmawati dkk. 2016. Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Jurnal Psikologi. Vol. 3. No. 2. Hal. 76-86.
Iyus Jayusman, Oka Agus KS. 2020. Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak. Vol.7 No.1. Hal 13-20.
Krisdayanti, S., Munir, A., & Munifah, M. (n.d.). Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Palu. Jurnal Konseling Dan Psikoedukasi, 3(1), 114–127
Krisnayana, Antari Madri, Dantes Nyoman. 2014. Penerapan Konseling Kognitif Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Singaraja. E-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. Vol. 2 No. 1. Hal 1-10.
Lianawati Ayong. 2017. Implementasi Keterampilan Konseling Dalam Layanan Konseling Individual. Jambore Konselor 3. Hal 85-92.
Manuardi, A. R. 2018. Pengaruh Strategi Restrukturisasi Kognitif terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang.
Musdalifah Ana. 2021. Meningkatkan Self Efficacy Peserta Didik Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY.
Nurvayanti. 2021. Permasalahan Yang Dialami Siswa SMPN 4 Bantimurung. Wawancara Pribadi. Bantimurung.
Pandang, A. & Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan Konseling. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Purwanto. 2016. Metodologi Pnenelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Putranto, A. K. 2016. Aplikasi Cognitive Behavior dan Behavior Activation dalam Intervensi Klinis. Jakarta Selatan: Grafindo Books Media.
Putra Adi S, Daharnis, Syahniar. 2013. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self-efficcy Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 2. Hal 1-6.
Rika Damayanti, Puti Ami N. 2016. Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas VIII Di MTs N 2 Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal). Vol. 3. No. 2. Hal 219-232.
Rizal Muhammad, Pandang A, Bachri T S, 2022. Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa di Sekolah Menegah Atas. PINISI Journal Of Education. Vol. 2 No. 5
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sopiyah, dkk 2020. Efektivitas Teknik Konseling Cognitive Behavioral untuk Meningkatkan Efikasi diri siswa pada pelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). Vol. 11. No. 2. Hal 102-124
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suranata, K. 2017. Modeling Konseling Kognitif-Perilaku: Panduan Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Melalui Pola Berpikir Rasional. Padang: Ikatan Konselor Indonesia (IKI).
Yusadri, Alfi Rahmi, Intan Sari. 2020. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif dalam Konseling Individual untuk Mereduksi Perilaku Merokok. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Vol. 3. No. 2. Hal 56-66.
Article Metrics
Abstract view : 129 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.