The Effectiveness of Cognitive Disputation Group Counseling in Overcoming Academic Self-Handicapping of Junior High School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriza Khairana. 2018. Penerapan Teknik Cognitive disputation untuk Membantu Adaptasi Diri Terhadap Lingkungan Rehabilitasi; Studi Kasus Seseorang Pecandu Narkoba Diplato Foundation Surabaya. Skripsi. Surabaya: Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ayhan & Funda. 2019. Academic Self-handicapping Among University Students: The Role of Procrastination, Test Anxiety, Self-Esteem, and Self-Compassion. Turkey : Article reuse guidelines
Aprilias, N. & Wiyono, D.B. 2019. Keefektivan Konseling Rational Emotive Behaviour Teknik Cognitive Disputation Untuk Mengurangi Tingkat Fanatisme Terhadap Idonla Pada Siswa Penggemar K-Pop. Jurnal Konseling Indonesia. Volume 5 (Nomor 1). Halaman 12-20.
Elfira. 2021. Permasalahan Yang Dialami Siswa SMPN Luyo. Wawancara guru BK. Luyo.
Fahromansyah. 2021. Apa Yang Dimaksud Dengan Academic Self-handicapping . Forum Diskusi Online Dictio, https://www.dictio.id (Diakses pada 7 Oktober 2021).
Thabroni, G. 2022. Metode Penelitian: Pengertian & Jenis Menurut Para Ahli. https://serupa.id/metode-penelitian/ (diakses pada 2 Februari 2022)
Galih. 2022. R Tabel PDF dan Uji Validitas. https://wikielektronika.com/r-tabel-uji-validitas/ (diakses pada 31 Agustus 2022)
Hasiholan, F. 2019. Hubungan Antara Self-Compassion Dengan Academic Self-handicapping Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Diponegoro
Indonesia, R. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor 111 Pasal 1 Tahun 2014.
Iresearchnet.com. 2021. Academic Self-handicapping . Psychology Research and Reference , http://psychology.iresearchnet.com/social-psychology/self/Academic Self-handicapping /. (Diakses pada 7 Oktober 2021).
Lilla & Zlot. 2018. The Theory of Self-handicapping: froms, Influencing Factors and Measurement. Article in Ceskoslovenská Psychologie. h. 20-42.
Niami, F. 2021. Terapi Kognitif Dengan Teknik Dispute Untuk Mengurangi Pola Pikir Negatif Pada Karyawan PHK Dampak Covid-19 Di Desa Waru Sidoarjo. Skripsi. h. 1-107.
Pandang, A. & Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen Dalam Bimbingan dan Konseling (Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Panggalao, AS. 2019. Academic Academic Self-handicapping Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Goal Orientation dan Self Compassion pada Mahasiswa Etnis Toraja di Salatiga. Tesis. Semarang
Prestasi Global, Modern Islamic School. 2021.Karakteristik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). https://www.prestasiglobal .id/karakteristik-siswa-sekolah-menengah-pertama/. (diakses pada 15 Maret 2021)
Purba Pratiwi, B, dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yayasan Kita Menulis
Purwanto. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Untuk Psikologi dan Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusmana Nandang. 2019. Bimbingan dan Konseling kelompok di Sekolah : Metode Teknik dan Aplikasi. Bandung: UPT Penerbitan dan Percetakan UPI PRESS.
Vidyadhara,K. & Sawtiri,R,D. 2018. Hubungan Antara Regulasi Diri dan Academic Self Handicapping Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir. Jurnal Empati. Volume7 (Nomor 1). Halaman 247-255
Article Metrics
Abstract view : 87 times | PDF view : 152 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.