Improving the Ability to Calculate Addition Using Stick Numbers for Deaf Students at Special Schools in Bima City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antoniun Cahya Prihandoko. 2006 Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikan Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas
Arsyad, azhar. 2016. Media Pembelajaran. Depok: PT RAJAGRAFINDO
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Depdikbud, DIKTI
Efendi, Mohammad. 2006. Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriyana, N. 2015. “ Mengembangkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Penggunaan Media Stick Angka Pada Anak Kelompok A PAUD PKK Kandat KecamatanKabupaten Kediri”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5:53-66
Glover, Dafid. 2006. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Grafindo Media Pratama
Haeruman. 2007. Model pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung:Karya Offset
Haenuddin 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu (Peserta Didik Berkebutuhn Khusus dengan hambatan Pendengaran). Jakarta: PT luxima Metro Media.
Indrawati, Ririn. 2019. Penggunaan Media Stick Angka Dengan Media Karet Berwarna Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Kelompok A Di Taman Kanak-kanak Dharma wanita Junwangi Kecamatan Krian Kabupaten Siadorjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Ma’rifah. 2014. Upaya Meningkatkan Berhitung Permulaan Mnggunakan Permainan Stick Angka Di Kelompok A Tk Dharma Wanita Persatuan Meduran Manyar Gresik. Pengembangan Profesional Keguruan. Gresik: Tidak Diterbitkan
Nurhalisa, ST 2020. Pengaruh Penggunaan Media Stick Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Murid Kelas 1 SD Impres Paku Kabupaten Gowa. Universitas muhammadiyah Makassar.;;
Putri, L. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggnakan Strategi Bermain Stick Angka Di Paud Belia. Vateran Semarang. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP, 2(2),hlm. 3.
Runtukahu, Tombakan & Kandou, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sapayono, 2019. Pengaruh Kegiatan Bermain Stick Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Insan Cendekia Kec. Langkapura. Universitas Lampung
Suharmini, Tin. 2009. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:Kanwa Publisher.
Suparno.2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sunanto, Juang.Dkk. 2006. Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung:UPI prees
Somad, P,& Tati hermawati, 1995. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Bandung Depdikbud Direktorat Pendidikan Tinggi Jakarta. Proyek Pendidikan Tinggi Guru.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Susanto, 2011. Pengaruh Kegiatan Anak Usia Dini. Jakarta: kencana perdana media Group.
Trisnawati Eki, 2011. Penerapan Strategi Bermain Stick Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Di PAUD Witri Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri.
Wardami,dkk. 2011. Pengantar Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Yulianto Irham, 2015. Manfaat Media Pembeljaran Bagi Guru dan Siswa.(http:irfan yulianto.com/manfaat media pembelajaran-bagi guru-dan siswa 12-0
Article Metrics
Abstract view : 100 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.