KREATIVITAS SISWA DALAM MENGEMBANGKAN GERAK TARI PADDUPA PADA KEGIATAN EKTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PINRANG
(1) SMP Negeri 37 Samarinda
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v6i2.40760
Abstract
Penelitian ini bertujuan Mengetahui Kreativitas siswa dalam mengembangkan gerak tari dan Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Kreativitas siswa dalam mengembangkan gerak tari. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptip kulitatif dengan fokus penelitian yaitu kreativitas siswa dalam mengembangkan gerak tari dengan subjek penelitian yaitu siswa ekstrakurikuler seni yang dianggap mampu dan bisa dalam mengembangkan gerak tari yang berjumlah 10 orang siswa dan satu orang pelatih, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka tentang kreativitas siswa, observasi langsung dengan mengamati bagaimana kreativitas siswa dalam mengembangkan gerak tari, wawancara dengan pelatih ekstrakurikuler seni serta dokumentasi dengan melihat hasil penelitian dalam bentuk portofolio. Selanjutnya dilakukan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis kompensional yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang ditemukan di lapangan menunjukan pengembangan kreativitas muncul pada siswa pada sisi kelancaran, kelenturan, keaslian, keterhubungan, keuletan, dan kesabaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Haslinda. 2009. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Budaya Di SMA Negeri 2 Maros. Skripsi. FSD UNM
Latief, Zulfaldi. 2012. Kreativitas Siswa Kelas XII SMA Negeri 14 Makassar Dalam Melukis Cat Air Tekhnik Transparan. Skripsi. FSD UNM
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta
Munandar, Utami. 1992. Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Orang Tua Dan Guru. Jakarta: PT Grasindo
Munandar, Utami. 1999. Kreativitas Dan Keterbakatan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Nonci. 2011. Pendidikan Seni Tari. Makassar : CV. Aksara
Noviana. 2014. Kreativitas Anak Dalam Kegiatan Bermain Lego Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar. Skripsi. FIP UNM
Rusliana, Iyus Dkk. 1990. Pendidikan Seni Tari Untuk SMU, Angkasa Bandung.
S, Salbiah. 2007. “Tari Kreasi Baru Makkalala Karya Andi Sarinah Pada Pesta Adat Di Dusun Baramase Desa Lipukasi Kabupaten Barru”: Skripsi Jurusan Sendratasik Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar
Sapada, Andi Nurhani.2005. Tari Kreasi Baru Edisi Ke-4. Bandung : PT. Sarana Panca Karya
Sedyawati, Edi 1984. Pustaka Tari, Angkasa Bandung
Soedarsono, 1997. Tari – Tarian Indonesia 1, Jakarta : Departemen Pedidikan Dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Nurani Yuliani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT.Indeks
Sumaryono. 2006. Tari Tontonan. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Article Metrics
Abstract view : 121 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.
Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
NJAD indexed by