Penerapan Ragam Hias Lokal dengan Media Buah Maja pada Modul

Kaparuddin Kaparuddin(1*),

(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v6i1.32385

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memberikan bahan bacaan yang berisi petunjuk dan cara pengolahan bahan baku, membuat desain dan urutan langkah-langkah mengaplikasikannya kedalam Maja (Maja), sehingga dapat menghasilkan karya kerajinan yang unik dan bernilai seni. Model pengembangan yang dipakai adalah model pengembangan 4D yakni; Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develope (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Subyek penelitian adalah Guru Seni Budaya Kelas VII dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Manuju Satap Tassese. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bagaimana proses pelaksanaan ujicoba modul dilaksanakan sebanyak dua kali yakni ujicoba tahap 1 yang sifatntya terbatas dengan mengambil sample sebanyak 6 orang siswa dan ujicob tahap 2 dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang siswa kelas VII SMP Negeri 3 Manuju Satap Tassese Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa, dengan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefeektifan pengembangan modul penerapan ragam hias lokal yang dikembangkan pada Maja dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Seni Budaya pada materi penerapan ragam hias pada buah maja.


Keywords


ragam hias; lokal; Maja

Full Text:

PDF

References


Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2020. KBBI online. Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Depdiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah Depdiknas.

Firman, 2020. “Pengembangan bahan ajar ragam hias Sulawesi selatan pada mata pelajaran seni budaya kelas VII di SMP Negeri 3 Manuju Satap Tassese”. Tesis, Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar

Indolinear. 2020. Ragam hias geometris. Online: https://indolinear.com/ragam-hias-geometris.html Diakses tanggal 5 Desember 2020

Jatipermana Gunawan. 2013. Pengembangan modul pembelajaran motif ragam hias di kelas V SD Negeri Tambi I Kecamatan Sliyeg Kab. Indramayu Jawa barat. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Karim . Abdul 2013. Pengembangan Panduan membuat alat permainan edukatif balok dalam pembelajaran keterampilan kerajinan kayu siswa tunarungu kelas XII di SLB Negeri Pembina Sulawesi Selatan. Tesis, Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Tentang Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar SMP/MTs.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013, Buku Guru kelas VIII, tahun 2014.

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Margo Nomor 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Muhaemin, M., & Lugis, M. (2020). Desain Ragam Hias Pada Makam We Pattekke Tana Di Kabupaten Barru. Jurnal Pakarena, 3(2), 75-81. doi:https://doi.org/10.26858/p.v3i2.13063

Mulyasa. E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung Remaja Rosdakarya.

Purwantini, Ninik. dkk. 2015. Panduan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah menengah pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan

dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Permen Dikbud Nomor 22 Tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Salinan Lampiran Permen Dikbud.

Prastowo, Andy. 2012. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovarif Yogyakarta: Diva Press.

Salam, Sofyan. 2014. Bahan Bacaan Standar Pendidikan Nasional, Makassar: Program Pascasarjana UNM.

Salam, S. 2018. Program pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Pedoman penulisan Tesis/Disertasi


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by