Upaya Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas VIII E di SMP 4 Bulukumba Melalui Penerapan Metode Think Pair Share

Selfiana Saenal(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v5i1.20398

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana Upayah Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas VIII E di SMP 4 Bulukumba Melalui Penerapan Metode Think Pair Share. Metode vang digunakan adalah metode Kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik data yaitu sasaran dan sampel, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan  juga menggunakan metode Kuantitatif yaitu mengukur tingkat keterampilan dan dengan tes unjuk kerja untuk melakukan penilaian dengan menggunakan aspek penilaian  yaitu wiraga, wirama dan wirasa.  Pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan sampai siswa menunjukan hasil keterampilannya dengan kelompok masing-masing, namun pada siklus I siswa belum percaya diri dalam mengemukakan keterampilannya dalam menari, sehingga pada siklus I perlu adanya perbaikan  pada tahap siklus II.  Pada siklus I siswa mampu menerima pembelajaran seni budaya dengan baik namun kurang percaya diri terhadap siswa untuk tampil menari   dan pada tahap siklus II keterampilan siswa mulai meningkat.  Perolehan pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,8 dan mengalami peningkatan siklus II dengan jumlah perolehan nilai rata-rata sebanyak 92,3

Keywords


Keterampilan; Menari; Metode Think Pair Share

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Hadi, S. 2005. Kajian Tari Teks dan Konteks. Pustaka PT. Blisiller

Hamdayama, J. 2014. Metode dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Triyanto, I.B. 2015. Mendesain Metode Pembelajaran Inovatif, Progregrif, dan Kontektual. Jakarta: Prenadamedia Grop.

Kusnadi. 2009. Seni Budaya. Jakarta: Global.

Indrawan, R. 2014. Metode Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Marwan, F. 2014. Penerapan Metode Think Pair Shara (TPS) Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas VII SMP Lampung. FBS. Universitas Semarang.

Nasition. 1975. Sejarah Pendidikan Indonesia. Bandung: Mujur.

Noor, J. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia.

Rafiaka, Tia. 2012. Peningkatan Keterampilan Menari dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Sawangan Kabupaten Magelang. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana. 1996. Penilaian Hasil Proses Belajar Mangajar. Bandung: CV Jaya.

Soedarsono. 2010. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Penerbit: Gadjah Mada University Press.

Sachs, Curt. 2010. World History of The Dance. Penerbit: The Norton Library.

Setiawan. 2004. Penelitian Tinsdakan Kelas (Action Reasearch). Jakarta: RT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by