Eksplorasi Modul Pembelajaran dengan Materi Membuat Poster Menggunakan Limbah Pohon Pisang

Syafitra Rais(1*),

(1) SMAN 1 Simboro
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v5i1.20394

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran poster dengan menggunakan limbah pohon pisang yang valid dengan berlokasi di SMAN 1 Simboro Provinsi Sulawesi Barat. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4-D yang terdiri atas empat tahap, dan disederhanakan menjadi tiga tahap yaitu, tahap perencanaan (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan (Develop) hanya pada tahap revisi beserta penilaian validator. Penyususan dan pengembangan modul pembelajaran ini divalidasi oleh satu ahli media dan satu ahli materi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk validator ahli media dan angket untuk ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data hasil penilaian modul pembelajaran terlebih dahulu dihitung secara kuantitatif kemudian diekuivalenkan menjadi data kualitatif. Hasil Penelitian menujukkan bahwa secara umum pengembangan modul pembelajaran poster dengan menggunakan limbah pohon pisang yang telah divalidasi memenuhi kriteria kevalidan sehingga layak dilanjutkan uji coba untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan materi pembelajaran.

Keywords


Pengembangan modul; Poster; Limbah pohon pisang;

Full Text:

PDF

References


Aditia, M.T., Muspiroh, N. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam (Salingtemasis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains.

Juhji, J. 2016. Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Banten: Studia Didaktika.

Lazwardi, D. 2017. Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Lampung: Al-Idarah, Jurnal Kependidikan Islam.

Muhaemin, M. 2019. Pengembangan Modul Teknik Pewarnaan Cat Air Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama. Tesis: Univiersitas Negeri Makassar.

Rosa, F.O. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S. dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute. Special Education, University of Minnesota.

Wiryokusumo, I. 2011. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jogjakarta: Tangga Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 265 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by