STUDI ANTROPOLOGI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PEMINUM BALLO KACCI DI DESA KINDANG KECAMATAN KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA

Tuti Wahyuni .(1*), Ahmadin . ,(2),

(1) UNM
(2) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pandangan masyarakat terhadap perilaku keagamaan peminum ballo kacci di Desa Kindang, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba. (2) Faktor Pemicu beserta dampak yang ditimbulkan peminum ballo kacci terhadap kehidupan di masyarakat Desa Kindang, Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisa dan dituliskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan sebanyak total 8 (delapan) orang informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)  Pandangan masyarakat terhadap perilaku keagamaan peminum ballo kacci di Desa Kindang merupakan hal yang sudah menjadi budaya asli disana dengan perilaku keagamaan seperti ibadah salat di masjid yang sangat minim (2) Faktor pemicu peminum ballo kacci di Desa Kindang ada 7 faktor : faktor kebiasaan, coba-coba, penambah kekuatan serta stamina tubuh, lingkungan, geografis, keluarga, dan ekonomi. Dampak yang ditimbulkan dari peminum ballo kacci ini terdiri atas 2 yakni dampak positif dan dampak negatif.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Religiusitas, Ballo kacci, perilaku.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mahyudi, Dedi. “Pendekatan Antropologi dan Sosiologi dalam Studi Islam.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 2.2 (2016).

Rudyansjah, Tony, et al. Antropologi Agama: Wacana-Wacana Mutakhir dalam kajian Religi dan Budaya. Penerbit Universitas Indonesia, 2012.

Tumanggor, Rusmin, & Ridho. “Antropologi Agama”. (2015).

Huda, M. Dimyati. “Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam.” Didaktika Religia, 4.2 (2016): 139-162.

Azis, Abdul. “Pembentukan Perilaku Keagamaan Anak”. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman 1.1 (2019): 197-234.

Rezky, Afryani, A. (2021). Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Efektivitas Perda Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Minuman Keras di Bulukumba (Studi Kasus Desa Kindang Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba). (Skripsi). UIN Alauddin Makassar.

Ralf, Dahrendorf. Konflik dan Konflik dalam Masyarakat Industri, Sebuah analisis Kritik. (Jakarta: CV Rajawali,1986)

Hari Poerwanto, Kebudayaan dan Lingkungan dalam Perspektif Antropologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syamsuddin, Akbar. “Konflik Sosial dalam Perspektif Sosiologi Agama”. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan 6.1 (2020).

Fauzia, Siti Naila. “Perilaku Keagamaan Islam pada Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Usia Dini 9.2 (2015): 303-318

Mannan, Audah. “Pembinaan Moral dalam Membentuk Karakter Remaja (Studi Kasus Remaja Peminum Tuak di Kelurahan Suli Kecamatan Suli Kabupaten Luwu). “Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah 3.1 (2017) : 59-72.

Rahman, Aulia. “Ilmu Antropologi dengan Ilmu Sosial Lainnya”. (2021)

Haryanto, Joko Tri. “Relasi Agama dan Budaya dalam Hubungan Intern Umat Islam.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi) 1.1 (2015)

Putri, Fauzia Amelia. “Perkembangan Ruang Lingkup Antropologi”. (2022)

Riyadi, Ivan. “Manajemen Pendidikan Bermuatan Antropologi, Agama, dan Sosial.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 17.2 (2019): 301-316.

Djamal, Samhi Muawan. “Penerapan Nilai-Nilai Ajaran Islam dalam Kehidupan Masyarakat di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.” Jurnal Adabiyah 17.2 (2017): 161-179.

Setiawan, Pahron, Delmus P. Salim dan Muh Idris. “Perilaku Keagamaan Siswa Muslim di SMPN 1 dan SMPN 2 Airmadidi (Studi Kasus Siswa Muslim Mayoritas dan Minoritas di Sekolah Negeri).” Journal Of Islamic Education Policy 5.1 (2020).

Sukiman, Imran, and Ilham Willem. “Analisis Faktor-Faktor Konsumsi Minuman Keras (Tuak Pahit) Pada Remaja di Desa Buntu Tabang Kecamatan Gandasil Kabupaten Tana Toraja.” Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan 2.3 (2019):343-353.

Kistanto, Nurdien H. “Sistem Sosial-Budaya di Indonesia.”Sabda: jurnal kajian kebudayaan 3.2 (2008).

Yayan alpian dkk,”Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia”.Jurnal Buana Pengabdian 1.2 (2019).


Article Metrics

Abstract view : 269 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.