PSM FANS 1915: SUPORTER CASUAL ULTRAS PERSATUAN SEPAKBOLA MAKASSAR DI KOTA MAKASSAR

Nursaddang Al Ashar(1*), Mubarak dahlan .(2), Bustan . ,(3),

(1) Pendidikan Antropologi UNM
(2) Pendidikan Antropologi UNM
(3) pendidikan Sejarah UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengidentifikasikan PSM Fans 1915 dianggap sebagai suporter fanatik bergaya Casual Ultras; mendeskripsikan peran anggota PSM Fans 1915 sebagai kelompok suporter di dalam maupun di luar stadion. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan etnografi. Lokasi penelitian ini akan dilakukan di beragam titik Kota Makassar. Sumber data dibedakan menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terbagi tiga jenis yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analasis data dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan menggunakan metode member check kepada informan yang telah diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) PSM Fans 1915 merupakan kelompok suporter yang tidak mengharuskan anggotanya berbudaya Hooligans, casual, atau ultras. Namun budaya tersebut sudah melekat di setiap anggota kelompok, baik generasi sejak awal berdiri hingga saat ini. Ditambah lagi PSM Fans 1915 digagas oleh kalangan yang memiliki wawasan tentang Casual Ultras . Budaya Casual Ultras dalam internal PSM Fans 1915 dapat dilihat dari pakaian, chants, koreo,dan kegiatan diluar stadion yang diidentifikasikan dari budaya para casual, Hooligans, dan ultras. (2) Selain kegiatan dalam stadion, terdapat banyak peran PSM Fans 1915 sebagai kelompok suporter PSM Makassar dengan budaya Casual Ultras yakni: Away Days, Extra Time, Bakti Sosial, Futsal Bersama, demonstrasi. Sebagai kelompok suporter yang independen atau bebas dari pengaruh bisnis dan politik seringkali mendapatkan kecaman dari berbagai pihak. Namun, mereka tetap berusaha agar kelompok ini masih tetap eksis sampai kapanpun dan berharap bisa mendapat penngakuan lebih tinggi di mata suporter sepak bola di tanah air.

 



Keywords


Kata Kunci: Casual Ultras, PSM, Suporter.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.

Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 301-316.

Ahmadin. 2013. Metode Penelitian Sosial, Makassar: Rayhan Intermedia.

Basrowi, S. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Charon, Joel M. 1979. Symbolic Interactionism. United States of America: Prentice Hall Inc.

Handoko, A. 2008. Sepak Bola Tanpa Batas. Yogyakarta: Kanisius.

Hebdige, D. 1979. Subculture: The Meaning of Style Routledge. London: Hutchinson.

Koentjaraningrat. 1977. Metode-Metode Penelitian Masyarakat edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Luxbacher. 2008. Sepak Bola. Bandung: Raja Grafindo. Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif, Yogyakarta: GP Press Group.

Mulyana, Dedi . 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 2985 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.