FUNGSI DAN PERAN SOSIAL KOMUNITAS BISSU DI KABUPATEN BONE

Andi Misdayanti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)fungsi komunitas bissu di Kabupaten Bone saat ini, (2) peran sosial komunitas bissu di Kabupaten Bone saat ini, (3) pandangan tokoh masyarakat sekitar mengenai beberapa fungsi dan peran sosial komunitas bissu di Kabupaten Boneyang masih dipertahankan sampai sekarang. Pada penelitian ini, digunakan jenis penelitian kualitatif kemudian dianalisa dan ditulis secara deskriptif. Adapun teknik pengumpulan  data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan melibatkan beberapa informan sebanyak 14 (empat belas) orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) fungsi komunitas bissu di Kabupaten Bone saat iniyaitu bertugas merawat arajang, mammemmang, sere mabbissu, sebagai sandro yang dapat menyembuhkan orang sakit meskipun sudah jarang dipakai, menentukan hari baik dalam melakukan hajatan, sebagai pemeran utama pada upacara perayaan Hari Jadi Bone terkhususnya pada kegiatan mattompang arajang atau pembersihan benda pusaka sampai selesai, turut andil dalam upacara pernikahan maupun upacara adat lainnya yang diadakan oleh masyarakat. (2) peran sosial komunitas bissu di Kabupaten Bone saat ini yaitu sebagai indo botting (perias pengantin), jennang (juru masak), pengusaha perlengkapan pernikahan. Melakukan sosialisasi terhadap komunitas waria, mengadakan bakti sosial, melakukan pelatihan tari, turut andiil dalam pelaksanaan upacara-upacara yang digelar oleh pemerintah maupun masyarakat. (3) pandangan tokoh masyarakat sekitar mengenai fungsi dan peran sosial komunitas bissu di Kabupaten Bone yang masih dipertahankan sampai saat ini yaitu menilai bissu mampu menjaga dan melestarikan warisan budaya leluhur kerajaan yang masih dipertahankan sampai sekarang sertanilai luhur suku Bugis yang terkandung dalam komunitas bissu dinilai cukup menyumbangkan fungsi dan peran  sosialnya. Bissu juga masih dianggap sebagai salah satu perwujudan dari manusia Bugis yang menjaga kesukuannya.

 



Keywords


Kata kunci: Bissu, fungsi dan peran, Suku Bugis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andaya. 2006. Warisan Arung Palakka. Makassar: Penerbit Ininnawa.

Badudu, J.S. dan Sutan, M.Z. 1996.Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Bungin, H.M.B. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Harahap. E.St.,dkk. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Hartarini, Y.M. 2012.Komunitas Adat Bissu: Waria Bertalenta Sakti Sebuah Anaisis Sosio Budaya Etnis Bugis. Majalah ilmiah informatika Vol.3, No.2.

Husein.Umar.2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Koentjaraningrat. 1994. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moeleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pelras, Cristian. 2006. Manusia Bugis. Jakarta: Nalar.

Putra, H.M.A. 2018.Patron & Klien di Sulawesi Selatan.Edisi Baru. Yogyakarta: Kepel Press.

Said, Muh.2016.Peran Bissu pada Masyarakat Bugis.Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. (Disampaikan pada Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global” Kerjasama Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dan Himpunan Sarjana Pendidkan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia Grand Clarion Hotel Makassar)

Soekanto, Soerjono. 1995. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suliyati, Titiek. 2018. Bisuu: Keistimewaan Gender Dalam Tradisi Bugis Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, Vol.2, No.1.

Syawaludin, Mohammad. 2014. Alasan Talcott Parsons Tentang Pentingnya Pendidikan Kultur. Jurnal Pengembangan Masyarakat, Ijtimaiyya, Vol.7, No.1.

Triadi, F. 2019. Bissu and Toboto Domain: Lanskap, Islam, dan Negoisasi. Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia, Vol.4 Edisi 1.

WEBSITE :

http://wap.indosiar.com

https://www.youtube.com/watch?v=qN3CVe2Z0NU&t=2s

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sulawesi_selatan


Article Metrics

Abstract view : 482 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.