The Development of Carrom Learning Media to Improve the Ability of Mild Mentally Retarded Children to Read Words in SLB Negeri 1 Makassar
(1) State University of Makassar
(2) State University of Makassar
(3) State University of Makassar
(4) State University of Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppk.v8i2.23543
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru Pada Masa Pandemi Di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 698-704.
Eni, U. A., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Carrom Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Sebagai Media Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar Development Of Higher Order Thinking Skill Based Carambol Educative Games As A 4th Class Primary School Science Media Learning. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 509-514.
Filasofa, L. M. K., & Miswati, M. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Penyandang Disleksia: Studi Kasus Pada Lembaga Pendidikan Di Indonesia. Journal Of Early Childhood And Character Education, 1(1), 53-72.
Febrita, Yolanda, And Maria Ulfah. 2019. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 0812 (2019): 181–87. Http://Proceeding.Unindra.Ac.Id/Index.Php/Dpnpmunindra/Article/View/571.
Gumelar, N. A., Putri, R. K., Aryanti, S. N. N., & Ulya, C. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis Pada Artikel Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(1), 54-59.
Gading, I Ketut, Mutiara Magta, And Fenny Pebrianti. 2019. “Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.” Mimbar Ilmu 24 (3): 270. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V24i3.21417
Hendrawan, Andreas Sapta, Yulianti, And Nuri Yuniasih. 2020. “Pengembangan Permainan Puzzle Carrom Berbasis Constextual Teaching And Learning (CTL) Pada Maetri Keberagaman Di Lingkungan Sekitar Untuk Kelas 3 Sekolah Dasar.” Seminar Nasional PGSD 4: 230–37. Https://Conference.Unikama.Ac.Id/Artikel/.
Lestari, Widya, And Zulmiyetri Zulmiyetri. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Anak Tunarungu Widya.” Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus 7 (1): 71–76.
Liswana, S., & Rahmawati, I. (2018). Metode Pembelajaran Matematika Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di Sdn Tebel Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(8).
Mu'min, S. A., & Yultas, N. S. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Bermain Dengan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 2
Mahyuni, A., AB, J. S., & Kirana, A. R. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sdn 3 Kaliawi Bandar Lampung. Cerdas: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10.
Mandia, I. N. (2017). Kohesi Dan Koherensi Sebagai Dasar Pembentukan Wacana Yang Utuh. Soshum: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(2), 175-188.
Miftachul’Ilmi, Achmad, Djoko Budi Santoso, And Muslihati Muslihati. 2021. “Traditional Games: Improving Manners Through Carom.” KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 8 (1): 47–54.
Novitasari, D. (2017). Pengembangan Karophi (Carrom Operasi Hitung) Untuk Kelas IV SD Negeri Pete Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 6(5), 374-380.
Nida, F. L. K. (2018). Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 45-64.
Putri, T. U. (2021). Pandangan Bandi Delphie Tentang Pembelajaran Anak Tunagrahita Serta Relevansinya Dengan Intelegensi (IQ) Anak Tunagrahita. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 61-70.
Purbasari, D. (2020). Dukungan Pola Asuh Keluarga Dan Kemampuan Pemenuhan Personal Hygiene Anak Retardasi Mental Berdasarkan Karakteristik Di Cirebon. Syntax Idea: P-ISSN: 2684-6853 E-ISSN: 2684-883X Vol, 2.
Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis Untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55-67.
Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis Untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55-67.
Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 14(2), 87-99.
Rofisian, N. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 19-25.
Sahronih, S., Ismuwardani, Z., Suanto, A., & Shofari, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Edugame Augmented Reality Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (E-Journal), 9(2), 128-133.
Sormin, D., & Kumalasari, I. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita Di SLB C Muzdalifah Medan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 1-24.
Susilawati, E. (2022). Penggunaan Permainan Carrom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Pada Anak Tunagrahita Sedang. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1-8.
Tameon, S. M. (2018). Peran Bermain Bagi Perkembangan Kognitif Dan Sosial Anak. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 26-39.
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2).
Article Metrics
Abstract view : 168 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hasriani; Syamsuddin; Hadis; Usman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.