Development of tutorial video media of silent meditation technique to reduce students’ symptoms stress in learning at UPT SMPN 9 binamu

Nafilah Amaliah AR(1*), Ahmad Yasser Mansyur(2), Suciani Latif(3), Sahril Buchori(4),

(1) Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) State University of Makassar
(3) State University of Makassar
(4) State University of Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppk.v9i2.51165

Abstract


The purpose of this study was to find out (1) An overview of the needs for developing video tutorial media for silent meditation techniques to reduce student learning stress at UPT SMPN 9 Binamu, (2) Prototype video tutorial media for silent meditation techniques to reduce student learning stress at UPT SMPN 9 Binamu, (3) Validity and practicality of video tutorial media for silent meditation techniques to reduce student learning stress at UPT SMPN 9 Binamu. This research uses the Research and Development (RnD) method with the Borg and Gall development model modified by the researcher. The subjects of this study were subjects in the needs analysis 24 students, subjects in the validity test 2 expert and subjects in the practicality test 10 students. The types of data collection instruments used are needs analysis data, validity data, and practicality data. The data analysis techniques used are needs questionnaire analysis, validity questionnaire analysis, and practicality questionnaire analysis. The results showed that the video tutorial media for silent meditation techniques and guidebooks developed were valid and practical for use in providing guidance and counseling services at UPT SMPN 9 Binamu, based on the acceptability test which includes usefulness, feasibility and accuracy.


Keywords


video tutorial; silent meditation; symptoms stress in learning; development; students.

Full Text:

PDF

References


Amaliah, N. AR. 2020. Penerapan Teknik Meditasi Hening untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Binamu. Skripsi. Makassar : Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. FIP UNM Makassar.

American College Health Association. 2018. American National College Health Assesment II: Reference Group Excecutive Summary Fall 2017. Hanover, MD: American College Health Association.

Anuar A.B. 2019. Pengaruh Teknik Relaksasi Otot Progresif Terhadap Stres Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar. Tesis. Makassar : Program Pascasarjana UNM.

Arifin, A. A. 2017. Meminimalisir stres belajar siswa melalui teknik meditasi hening. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. 2(1): 68-74.

Aryani, F. 2016. Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intrevensi Konseling. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Bakhtiar, M. I. 2015. Pengembangan video ice breaking sebagai media bimbingan

konseling dalam meningkatkan keterampilan sosial. Jurnal psikologi pendidikan dan konseling, jurnal kajian psikologi pendidikan dan bimbingan konseling. 1(2):150

Bevan, M. 2017. Why Videos are Important in Education. Diakses 20 Juni 2023, dari https://shorturl.at/dBEKP

Borg, Walter & Gall, Meredith D. 2003. Educational Research. Boston : Longman, Pearson.

Candra, L. 2021. Stres siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas X SMA negeri 4 tanah putih kabupaten rokan hilir pada masa pandemi covid 19. Skripsi. Pekanbaru : Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan.

Chomaria, N. 2009. Tips Jitu dan Praktis Mengusir Stress. Yogyakarta: Diva Press

Faisol, 2022, Agustus 04. Teknik Relaksasi Nafas Dalam. Artikel Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view

_artikel/1054/teknik-relaksasi-nafas- dalam. Diakses tanggal 05 Juli 2023.

Hamid, U.B. 2022. Kreativitas editor pada proses video editing dalam konsep color grading di studio a creative pekanbar. Skripsi. Riau : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Hardiyanti, Y.A. 2020. Hubungan Tingkat Stres Dengan Gangguan Insomnia Pada Mahasiswa/Mahasiswi Bimbingan Penyuluhan Islam Semester Delapan Tahun Akademik 2019/2020 IAIN Ponorogo. Skripsi. Ponorogo : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Harmilah, Nurachmah & Gayatri. 2011. Penurunan Stres Fisik dan Psikososial melalui Meditasi pada Lansia dengan Hipertensi Primer. Jurnal Keperawatan Indonesia. 14(1): 57-64

Hidayat, B.A. 2012. Hubungan Tingkat Stres dengan Kejadian Insomnia pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Karneli, Y., Ardimen A & Netrawati. 2019. Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurunkan

Stres Akkademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 42-47.

Luhulima, Denissa Alfiany, et al. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Sekolah Minggu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. 7(1), 71-76.

Minarni, Nani. 2010. Penerapan Teknik Meditasi Hening untuk Mengatasi Stres Belajar Siswa di SMA NEGERI 2 MAKASSAR. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Muarif, S. A. 2019. Tawaran : Layanan Konseling Berbasis Meditasi dalam Mengurangi Stres pada Generasi Millenial. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 9(1): 68-90.

Putri, C.D. 2022. Analisis Gejala Stres Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung). Skripsi. Lampung : Universitas Negeri Lampung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Susanti, E., & Halimah Mas. 2018. Desain video pembelajaran yang efektif pada pendidikan jarak jauh : studi di universitas terbuka. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. 3 (2), 167-185.

Wilson, P. 2003. Teknik Hening, Meditasi Tanpa Mistik. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nafilah Amaliah AR, Ahmad Yasser Mansyur, Suciani Latif, Sahril Buchori

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Guidance and Counseling Study Program,

Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,

90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306

Lt II Study Program BK, Indonesia

Email: jppk@unm.ac.id

p-ISSN : 2443-2202

e-ISSN : 2477-2518


JPPK UNM Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
JPPK UNM is licensed under a
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

 

View JPPK UNM My Stats