The Implementation of Narrative Counseling to Improve Students’ Self-Concept
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppk.v6i2.10944
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afif, R. Y., & Listiara, A. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dengan Asertivitas
pada Remaja di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Empati, Vol 7, No 2.
Alamsyah, N. (2016). Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. Jurnal SAP, Vol 1, No 2.
Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa . Jurnal Formatif, Vol 3, No 2.
Assahhra, M. F. (2012). Konsep Diri Remaja yang tinggal di Panti Asuhan (Studi Kasus). E-Journal Psikologi.
Bette, E. D. (2014). Predictive Influence of Academic Self-Concept and Motivational Arousals in Examination Cheating Tendency Among Students in Cross River State. Nigeria.
Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (Eighth Edition). Betmont CA: Brook/Cole.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Durado, A. A., Tololiu, T. A., & Pangemanan, D. H. (2013). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Konsep Diri pada Remaja di SMA Negeri 1 Manado. E-Journal Keperawatan, Vol 1, No 1, 1-8.
Ghufron, N., & Risnawita, R. (2014). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Khotimah, R. A., Radjah, C. L., & Handriani, D. M. (2016). Hubungan antara Konsep Diri Akedmik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol 1, No 2.
Killing, B. N. (2015). Tinjauan Konsep Diri dan Dimensinya pada Anak dalam Masa Kanak-kanak Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, Vol 1, 116-124.
Leonard, & Supardi, U. S. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, Vol 29, No 3.
Mutiah, Yaya, & Effendy. (2019). Pengaruh Konseling Naratif terhadap pembentukan Konsep Diri Siswa MAN Indramayu. Jurnal Bimbingan Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, Vol 7, No 4.
Nauly, M., & Sihombing, R. (2012). Hubungan Dukungan Sosial yang diberikan Isteri dengan Konsep-Diri . Psikologia-Online, Vol 7, No 1.
Pambudi, P. S., & Diyan, Y. W. (2012). Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akedemik pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Diponegoro, Vol 1, No 1.
Pandang, A., & Anas, M. (2019). Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan Konseling. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Prabadewi, K. D., & Widiasavitri, P. N. (2014). Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja Awal yang tinggal di Panti Asuhan di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, Vol 1, No 2.
Putri, S. D., Aprison, W., & Sari, I. (2020). Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa. KONSELING : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling , Vol 1, No 3.
Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santrock, J. W. (2012). A Tropical Approach to Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill.
Sari, J. W., Purwanto, E., & Japar, M. (2017). Konseling Naratif untuk meningkatkan Konsep Diri Siswa . Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 6, No 1.
Slaninova, G., & Stainerova, M. (2015). The Self Concept of Students Formation and its Changes. Procedia (pp. 257-262). Procedia - Social and Behavioral Sciences.
Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sternke, J. (2010). Self Concept and Self Esteem in Adolescents with Learning Disabilities. American Association 5th Edition
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suminar, E., & Miyuntari, T. (2015). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 4, No 2.
Suryadin, A. (2014). Hubungan Keharmonisan Keluarga dan Dukungan Sosial Teman dengan Konsep Diri pada Siswa Madrasah Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Suryanto, Putra, M. G., Herdiana, I., & Alfian , I. (2012). Pengantar Psikologi Sosial. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga.
Van, Z. B., Marsh, H., Seaton, M., & Parker, P. (2015). Self-Concept : From Unidimensional to Multidimensional and Beyond. International Encylopedia of The Social & Behavioral Sciences.
Wang, J. (2009). A Trend Study of Self Concept and Mathematics Achievment in a Cross-Cultural Context. Mathematics Education Research Journal , Vol 19, No 3, 33-47.
Wulandari, A. R., & Susilawati, L. K. (2016). Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial terhadap Konsep Diri Remaja yang tinggal di Panti Asuhan Bali. Jurnal Psikologi Udayana, Vol 3, No 3.
Yahaya, A. (2009). The Relationship between Self-Concepts and Communication
Skills Towards Academic Achievment Among Secondary School Students in .
Zanden, V. B., Marsh, H. W., Seaton, M., & Parker, P. (2015). Self Concept : from Unidimensional to Mutidimensional and Beyond. International Encyclopedia of The Social & Behavioral Science, Vol 21.
Article Metrics
Abstract view : 410 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 haslinah haslinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.