The Development of a Tutorial Video on Cognitive Behavior Modification for School Counselors to Address Anxiety Cases
(1) State University of Makassar
(2) State University of Makassar
(3) State University of Makassar
(4) State University of Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppk.v8i2.26461
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliana, I. P. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Mereduksi Kecemasan Siswa Melalui Konseling Cognitive Behavioral. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 21–30.
Bakhtiar, M. I. (2015). Pengembangan Video Ice Breaking Sebagai Media Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, (2)1, 150–162.
Borg, W. G., & Gall, M. D. (2003). Educational Research. Longman, Pearson.
Carkhuff, R. R. (2008). The Art of Helping. (9th ed.). Possibilities Publishing, Inc.
Corey, G. (2012). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th ed.). Brooks/Cole.
Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiwa.Jurnal Psikologi. 10(1)
Hayat, A. (2017). Kecemasan dan metode pengendaliannya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(1). hal. 56-64
Meichenbaum, D. (1977). Cognitive Behaviour Modification. Scandinavian Journal of Behaviour Therapy, 6(4).
Meichenbaum, D. (1993). Changing conceptions of cognitive behavior modification: Retrospect and prospect. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 61(2)
Muarifah, A. (2012). Hubungan kecemasan dan agresivitas. Humanitas (Jurnal Psikologi Indonesia), 2(2), 102–112.
Nuraisyiah, N., Nurdiana, N., & Ma’ruf, M. I. (2019). Pengaruh Gangguan Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(2).
Pandang, A., & Anas, M. (2018). Analisis Permasalahan dan Kebutuhan Penguatan Kompetensi Guru Bimbingan Konseling di Kota Makassar. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), hal.1–16
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2).
Rahmi, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Perilaku Kognitif Terhadap Tingkat Penyesuaian Diri Siswa Di Kelas Vii Smp Negeri 29 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1) hal. 150-162
Wahyuni, Endang. (2015). Hubungan self-efficacy dan keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam. 5 (1) hal. 51-82
Wahyuni, E. N. (2017). Mengelola stres dengan pendekatan Cognitive Behavior Modification (studi eksperimen pada mahasiswa baru pendidikan agama islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan UIN Maliki Malang). Tadrib, 3(1), hal. 98-117.
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika (Vol. 1, Issue 2).
Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1).
Yoga Utomo, A., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di SMK. Ignition System Learning. 6(1).
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02).
Article Metrics
Abstract view : 167 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Deni Wijaya; Farida Aryanı; Abdullah Pandang; Sulaiman Saman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.