Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Pembelajaran Balok Di Kelompok B TKIT Tunas Mulia

Yeni Muslimatun(1*), Rusmayadi Rusmayadi(2), Faliha Mahnur(3),

(1) TKIT Tunas Mulia
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan penelitian pembelajaran yang dilakukan di TKIT Tunas Mulia ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media balok. Subyek yang diteliti adalah kelompok B yang berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode yang digunakan adalah tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas, instrument penilaian yang digunakan adalah ceklis, observasi dan hasil karya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif pada anak melalui media balok, hal ini dapat dilihat pada prasiklus anak belum tampak kreatif, pada siklus I meningkat menjadi baik dan pada siklus II semakin baik, Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan media menggunakan balok yaitu anak dikenalkan bentuk-bentuk balok, besar kecil, tinggi rendah, panjang pendek, dan mencipta atau berkreasi dari balok dan membangun dengan balok menggunakan asesoris. Kemudian anak mengkomunikasikan hasil kreasi yang dibuat kepada teman-temannya.

Kata Kunci : Kemampuan kognitif, Media pembelajaran balok


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.