Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Praktik Langsung Di TK Al Huda Jatisrono

Jumiati Jumiati(1*), Wahira Wahira(2), Suriani Sumandar(3),

(1) TK Al Huda Jatisrono
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Dalam penelitian ini, penulis hendak membahas mengenai peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode praktik langsung di TK Al Huda Jatisrono selama dilaksanakannya praktik pembelajaran selama tiga siklus pada pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Pendidikan Profesi Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perkembangan dan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode praktik langsung pada anak kelompok B di TK Al Huda Jatisrono. Metode praktik langsung dalam penelitian ini menggunakan alat peraga berupa buah-buahan yang digunakan sebagai media utama pembelajaran. Pengambilan data dilakukan melalui hasil observasi dengan landasan teori kemampuan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode praktik langsung berperan besar dalam peningkatan kemampuan kognitif anak. Hal tersebut ditunjukkan oleh perkembangan bertahap yang terjadi dari siklus satu sampai siklus tiga yang terus menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif pada tiap anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa penggunaan metode praktik langsung dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Al Huda Jatisrono dengan hasil perkembangan yang sesuai harapan.

Kata kunci: kemampuan kognitif, metode praktik langsung, siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.