Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Media Bahan Kertas Pada Kelompok B1 TK ABA III Paranga

Ummul Mu’minin(1*), Syamsuddin Syamsuddin(2), Cahaya Cahaya(3),

(1) TK ABA III Paranga
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK. Yafqaeda
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan bermain dengan media bahan kertas TK ABA III Paranga Cab. Borimatangkasa Kec. Bajeng Kab. Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motorik halus anak melalui kegiatan bermain dengan media bahan kertas di TK ABA III Paranga. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif terhadap penerapan kegiatan bermain media bahan kertas dalam kaitannya dengan peningkatan kreatifitas anak di TK ABA III Paranga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak didik kelas B1 pada TK ABA III Paranga tahun ajaran 2020/2021 erjumlah 6 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Adapun setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Untuk keperluan analisis data-data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif-kualitatif dengan presentatif hasil, yang disesuaikan dengan indikator-indikator atau ketentuan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain dengan media bahan kertas ternyata dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak TK ABA III Paranga Tahun Pelajaran 2020/2021. Karena itu, bermain dengan media bahan kertas direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam meningkatkan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak.

Kata Kunci : Motorik halus, Bermain, Media, Bahan Kertas


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.