Pembelajaran Saintifik Berbasis Steam untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Kelompok B TK Amanah

Hartatik Hartatik(1*), Rusmayadi Rusmayadi(2), Evarastina Mattemu(3),

(1) PAUD Amanah Kota Probolinggo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni anak kelompok B di TK Amanah Kota Probolinggo. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Amanah Kota Probolinggo. Obyek penelitian ini adalah kreativitas seni anak. Metode penelitian yang  digunakan dalam penelitian ini adalah Project Based Learning dengan pendekatan saintifik berbasis STEAM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah "observasi" terhadap hasil karya anak untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seni anak selama kegiatan berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Peningkatan kreativitas seni pada anak usia dini dilaksanakan dengan 3 kegiatan diantaranya, bermain pencampuran warna, menggembungkan balon tanpa ditiup, dan menghias kue. Hasil peningkatan kreativitas seni pada anak kelompok B di TK Amanah Kota Probolinggo dalam proyek bermain pencampuran warna pada siklus 1 mencapai 80% keberhasilan, proyek menggembungkan balon tanpa ditiup pada siklus 2 mencapai 40%, dan proyek menghias kue pada siklus 3 adalah mencapai angka 100% keberhasilan.

Kata Kunci: Pembelajaran Saintifik, Steam, Kreativitas Seni


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.