Pengembangan Karakter Entrepreneur Anak Melalui Market Day Pada Siswa Kelompok B Tk Islam Integral Qurrota A’yun

Ratnawati Ratnawati(1*),

(1) TK Islam Integral Qurrota A’yun Sumenep
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengembangan karakter entrepreneur melalui market day mempunyai peranan yang sangat penting, karena dengan kegiatan tersebut dapat mengembangkan segala potensikemampuan anak yang mencakup enam aspek perkembangan anak Jiwa Enterpreneur sebaiknya di munculkan pada anak usia dini, karena pada usia ini adalah pembentukan karakter. Anak akan terlatih bersikap Menanamkan sikap jujur, disiplin, mandiri, bekerja keras (menunjukkan upaya sungguh-sungguh dan demokratis. jujur, bertanggung jawab, mandiri, pantang menyerah dan tidak takut resiko yang akan dihadapinya dikemudian hari. Penelitian Tindakan Kelas ini dengan tema pekerjaan yang terjadi di TK Islam Integral Qurrota A’yun Sumenep dengan jumlah peserta didik 25 anak pada kelompok B. Dari Pra Siklus yang rata-rata anak mendapatkan kriteria belum berkembang sebanyak 60%, pada siklus I rata-rata yang mendapatkan kriteria mulai berkembang sebanyak 60%, dan pada siklus ke II rata-rata anak yang mendapatkan kriteria Berkembang Sangat Baik sebanyak 80%. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan pengembangan jiwa entrepreneur melalui Market Day pada anak kelompok B. Dengan demikian kegiatan pengembangan karakter entrepreneur dapat diterapkan untuk menstimulus pada anak kelompok B.

Kata Kunci: Entrepreneur, Market Day, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.