Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Warna melalui Metode Meronce pada Kelompok A TK Muslimat Reksosari

Agustina Sukmo Ismonowati(1*), Bastiana Bastiana(2), Jenny Jenny(3),

(1) TK Muslimat Reksosari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Yafqaeda
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perkembangan anak dalam mengenal dan memahami warna dengan berbagai media. TK Muslimat Reksosari Suruh Kabupaten Semarang di pilih sebagai tempat penelitian dengan pertimbangan berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti, terlihat adanya permasalahan anak dalam mengenal dan memahami warna. Kegiatan ini dilakukan dengan berbagai macam media karena pada dasarnya meronce mempunyai berbagai macam variasi sehingga anak harus sering berlatih dan mencoba dalam mengenal dan memahami warna agar tidak keliru. Dari hasil penelitian pra siklus, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan dalam aspek kognitif khususnya dalam mengenal dan memahami warna. kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak dalam menumbuhkan daya ingat dan kreatifitas anak melalui kegiatan meronce dengan berbagai media. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan guru mampu memberikan dan menunjukkan berbagai macam kreativitas dalam kegiatan meronce sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan sesuai dengan materi pembelajaran yang disusun.

Kata Kunci: Kognitif, Warna, Meronce


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.