Pembelajaran Model PBL Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar IPA

Eka Dewi Septiawati(1*), Andi Asmawati Azis(2), Sitti Marliyah(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 26 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Di awal masa pandemi, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dirasa masih menyenangkan bagi siswa. Mereka selalu hadir dalam Video Converence (vicon) dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Namun, makin lama siswa mulai menujukkan sikap kurang bersemangat. Dari persoalan inilah penulis melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sidoharjo. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan sejumlah dua siklus. Data diambil dari pemberian angket kepasa siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasilnya, pada siklus pertama, siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran. Siklus kedua, ada peningkatan keaktifan siswa, yang ditunjukkan oleh keaktifan dalam diskusi kelompok, maupun interaksi siswa saat kegiatan presentasi. Keaktifan ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci : Motivasi belajar, PBL, Problem Based Learning, IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1333 times | PDF view : 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.