Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mengerjakan LKPD Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan
(1) SMP Muhammadiyah 5 Cepiring
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 26 Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan dan respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran menggunakan LKPD materi struktur dan fungsi tumbuhan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) penerapan model pembelajaran problem based learning tergolong baik dan berhasil dilihat dari pemenuhan kriteria keterlaksanaan langkah pembelajaran dan skor yang dihasilkan. (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning dalam dikatakan positif. Hal ini disebabkan oleh adanya situasi yang memungkinkan terjadinya kegiatan belajar optimal dengan suasana interaktif dan proses tanya jawab terus menerus.
Kata kunci : Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 376 times | PDF view : 59 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.