Membangun Materi Pembelajaran Menarik dengan Canva di MTs Ma’arif Qasimiyah Desa Tonyaman

Muhammad Ramdhany(1*), Afdhal Fatawuri Syamsuddin(2), Rahmatia Rahma(3), Hastika Tika(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar di MTs Ma'arif Qasimiyah melaksanakan program kerja berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan Canva. Masalah yang dihadapi Dunia Pendidikan saat ini yaitu tidak ada perkembangan bahan ajar sesuai dengan tuntutan teknologi perkembangan. Persaingan dalam dunia pendidikan mendorong para pendidik untuk saling bersaing guna meningkatkan kualitas peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Salah satu strategi yang digunakannya untuk memotivasi siswa agar belajar lebih serius adalah dengan memunculkan ide-ide menarik saat mengajarkan materi. Penggunaan media pembelajaran yang berbeda-beda berperan penting dalam membantu guru menyampaikan pengetahuan kepada siswa untuk membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran. Maka dari itu, adapun pemecahan masalah yang dihadapi yaitu dengan melibatkan Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis Canva.  Canva merupakan salah satu platform yang menarik dan dapat diakses dengan mudah untuk membuat materi pembelajaran yang memuat berbagai macam gambar. Aplikasi ini dirancang untuk menyederhanakan proses kreatif pendidik dalam menyusun materi pembelajaran dengan menyediakan beragam fitur yang terintegrasi dalam platform Canva.

Keywords


bahan ajar, aplikasi, Canva, KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar

Full Text:

PDF

References


Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5227

Kusuma, R. N., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1377–1390. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3854

Laillni Roma, N., & Thahir, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sebagai Media Pembelajaran Ipa. Journal of Education and Counselling, 1(2), 181–182.

Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. (2018). the Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. 190–203. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20

Rejeki, S., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Model ADDIE Mata Pelatihan Pembuatan Konten Video Interaktif dalam Pembelajaran pada Pelatihan TIK MTS di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. 4, 1697–1704. http://jurnaledukasia.org

Said, M., Sanawiah, J. B., Reskiana, R., Fatimah, A. S., & Sahriah, I. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Di Tengah Pandemi Covid-19. 2.

Wibowo, T., Johansyah, R., & Astrina, V. (2022). Efektifitas Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Masa Kini. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 103–107. https://doi.org/10.23960/j-simbol/v10i2.2022.08


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Ramdhany, Hastika Tika, Rahmatia Rahma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat