Penerapan Program Kelas Calistung (Baca Tulis dan Hitung) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik SDN 21 Totolisi, Desa Totolisi, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene

Andi Asril Mandala Putra(1*), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(2), Heriana Heriana(3), Elis Suhana(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan KKN PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar yang dilaksanakan di SDN 21 Totolisi yang terdiri dari 3 Mahasiswa ini melaksanakan penerapan program Calistung (baca, tulis dan hitung) guna untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SDN 21 Totolisi. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh hasil wawancara mahasiswa bersama guru dan ditemukan bahwa beberapa siswa masih kesulitan dalam membaca, menulis dan juga berhitung. Ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah pandemi Covid-19 menyebabkan menurunnya minat anak untuk belajar, khususnya membaca. Program ini dilaksanakan setiap minggu dimulai hari senin sampai dengan hari kamis pada pukul 10.00-12.00 WITA yang diikuti oleh siswa yang telah dipilih oleh masing-masing guru kelas dengan kesulitan membaca, menulis dan berhitung.


Keywords


Siswa, Mahasiswa, Calistung

Full Text:

PDF

References


Anugrha, Andri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289

Sudarsana, U. (2014). Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca. Pembinaan Minat Baca, 1–49.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Asril Mandala Putra, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, Heriana Heriana, Elis Suhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat