Analisis Metode CAPER ( Membaca Permulaan) dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan
(1) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anis, D.Z & Murtiningsih, S. Struktural Analitik Sintetik Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 152-160.
Ayuningtyas, L., Indrianti, D.T., & Hilmi, M.I. (2019). Implementasi Metode Struktural Analitik Sintetik Pada Program Keaksaraan Fungsional Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 66-69.
Hartini, A.R., Sumarno, Hiryanto. (2012). DAMPAK Pendidikan Keaksaraan Terhadap Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga.Jurnal Diklus,16(2), 173-179.
Kuntoro, S.A. (2007). Pendidikan Keaksaraan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Visi PTK-PNF, 2(1), 23-27.
Kusnadi, W. D & Raharjan, W. (2009). Keaksaraan Fungsional di Indonesia: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta. Mustika Aksara.
MA. I. B. (2014). Pengelolaan Program Keaksaraan Fungsional Untuk Memberantas Buta Aksara Di Petissari, Babaksari, Dukun, Gresik. Jurnal Kependidikan Islam. 4(1). 56-84.
Nurazizah, N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Keaksaraan Dasar Berbasis Kearifan Lokal Pada Komunitas Adat Terpencil (Kat) Suku Dayak Meratus. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD dan Dikmas, 13(2), 123-133.
Oktapiani, M. (2020). Evaluasi Proses Program Pendidikan Keaksaraan Dasar Perspektif Discrepancy Evaluation Model. ALIGNMENT : Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 55-65.
Pertiwi, R.P., Dewi, S.E.K., & Krisdayanti, Y. Pembinaan Buta Aksara Dengan Menggunakan Metode Sas Di Desa Rejo Sari Kampung 1, 78-85.
Permana, I.Y. (2021). PendidikanKeaksaraanDasarLiterasiMitigasiBencana. JurnalAkrab, 12(1), 18-27.
Rinawati, N.K.A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Bermain Kartu Pada Program Keaksaraan Dasar. Jurnal AKRAB, 11(2), 52-61.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Sumardi, K. (2008). Model Pembelajaran Keaksaraan Dasar Menggunakan Kombinasi Metode Reflect, Lea, Dan Pra. Jurnal Ilmiah visi PTK-PNF, 3(2), 107-119.
Supriyadi. 1996. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta. Depdikbud: Universitas Terbuka.
Sutrisno. (2020). Pembelajaran Keaksaraan Dasar PKBM Bina Sekar Melati di Desa Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 135-146.
Al-Rawi. I. (2013). Teaching Methodology and its Effects on Quality Learning. Journal of Education and Practice, 4(6), 100-105.
Article Metrics
Abstract view : 2 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ayu Iga Ardini
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat