Pengembangan Program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) Terhadap Siswa SMKN 1 Bambalamutu

Salehuddin Yudin(1*), Salehuddin Yudin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) merupakan program Direktorat Pembinaan Vokasi yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat berwirausaha siswa. Sebagaimana diketahui bahwa lulusan SMK merupakan lulusan yang dipersiapkan untuk menjadi generasi yang mandiri, siap kerja, dan memiliki keterampilan kewirausahaan. Namun, kondisi empiris tersebut bertolak belakang, dilihat dari tingkat pengangguran terbuka di sector Pendidikan, SMK merupakan penyumbang pengangguran terbesar pertama. Solusi dari pemerintah adalah meluncurkan program sekolah pencetak wirausaha (SPW) untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Dengan adanya program Sekolah pencetak wirausaha (SPW) tersebut penyusun melakukan observasi mengenai data siswa yang tergabung dalam program tersebut yang ada di SMKN 1 Bambalamutu. Dari hasil observasi terdiri dari 20 orang siswa yang tergabung dan terdiri dari beberapa jenis usaha yaitu makanan, pakaian, konten kreator, minuman dan memproduksi kopra. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan minat wirausaha atau kewirausahaan terhadap siswa SMKN 1 Bambalamutu yang tergabung dalam program Sekolah pencetak wirausaha (SPW) dengan melakukan kunjungan industri yang ada di kota Pasangkayu sesuai dengan jenis usaha yang digeluti siswa. Kemudian mengembangkan produk kerupuk daun kelor menjadi kerupuk kacang sembunyi yang berbahan dasar daun kelor, pembuatan boba yang berbahan dasar kelapa muda. Serta melakukan workshop tentang kewirausahaan dengan pemateri yang dapat memberikan motivasi terhadap siswa.


Keywords


Program SPW, pengembangan, minat wirausaha, SMK

Full Text:

PDF

References


Dewi, LAP, Rachmawati, I, & Prabowo, FSA. 2015. Analisis Positioning Franchise Bubble Drink Berdasarkan Persepsi Konsumen Di Kota Bandung, E-Procceding of Management, 2(3) : 2511-2517.

Kholimah. 2020. “Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMK Negeri IJauber ( Studi Kasus Pada Kelas XII Progran Keahlian Multimedia Semester Genap Tahun ajaran 2019/2020).” Jurnal Penelitian Ekonomi 14:357:6.

Prajapdi RD,Media PC Yadav CM Chaudhary Jl. 2003. Nutrilive Value Of drumstick (Moringa Oleifera) leaves in sheep and goats. Indian Journal of Small Ruminants (2) : 136-137.

Prasetyo, Eko. 2019. “Evaluasi Peran Pendidikan Kewirausahaan Pada Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Penelitian 12(2)

Silalahi. 2007. “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motif Berprestasi dan Kemandirian Pribadi Terhadap Pelaku Kewirausahaan” Universitas Sumatra Utara.

Wulandari, Retno. 2013. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Universitas Tanjungpura, (1-14)


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salehuddin Yudin, Salehuddin Yudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat