Pemanfaatan Teknologi dalam Pembuatan Desain Denah Sekolah sebagai Upaya Pengenalan Tata Letak Gedung di Lingkungan SMP Negeri 13 Makassar

Ade Mulyani Amaliah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Banyaknya bangunan dan luasnya lingkungan SMP Negeri 13 Makassar mengakibatkan adanya kebingungan dalam mencari letak bangunan yang akan dituju. Pemanfaatan teknologi dalam mendesain denah sekolah digunakan sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut. Dalam pembuatannya, dilakukan observasi dan wawancara dengan pihak sekolah yang berperan sebagai mitra program kerja pemanfaatan teknologi dalam pembuatan desain denah SMP Negeri 13 Makassar. Adapun, software atau perangkat lunak yang digunakan adalah Adobe Photoshop CS6. Ada empat tahap dalam penyelesaian program ini. Tahap pertama, observasi dan wawancara dengan pihak sekolah dimulai dengan mengamati lingkungan sekolah dan survei lokasi. Tahap kedua, dan pembuatan sketsa denah dengan membuat prototype dari hasil assemen. Tahap ketiga, pembuatan desain denah sekolah dengan menggunakan Adobe Photoshop CS6 dilakukan dengan menjadikan sketsa yang telah dibuat sebagai acuan dalam membuat denah. Tahap terakhir, pemasangan denah sekolah dilakukan dengan memasang stand besi denah di tempat yang strategis dan mudah dilihat. Berdasarkan hasil observasi terkait pemanfaatan teknologi dalam membuat desain denah sekolah menunjukkan bahwa desain denah yang telah dibuat dapat menarik perhatian warga maupun tamu sekolah yang berkunjung ke SMP Negeri 13 Makassar serta mampu mengakomodasi dalam menemukan letak gedung dan bangunan yang berada di lingkungan SMP Negeri 13 Makassar.


The number of buildings with spacious surroundings of SMP Negeri 13 Makassar leads to confusion to locate the addressed buildings. The application of technology in the school floor plan designing is used as one of the solutions to resolve the matter. In the making process, observation and interview were done with the school as our collaborator. As for the software, Adobe Photoshop CS6 is used for making the school floor plan. It takes four steps in the program completion. The first step is observation and interview. The second step is making the school floor plan's sketch. The third step is making the school floor plan design with Adobe Photoshop CS6 and uses the sketch as a reference. The last step is the installation of the school floor plan with an iron stand and locates it in a strategical place where it is easier to see. As a result according to observation related to the program, it shows that the school floor plan design that had been made could get the attention to those who came to SMP Negeri 13 Makassar and assist them to find the right location of the buildings in SMP Negeri 13 Makassar.



Keywords


Denah Sekolah, Teknologi, Desain, Adobe Photoshop CS6

Full Text:

PDF

References


Famukhit, M. L. (2018). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Software Adobe Photoshop Di SMK Diponegoro Tulakan Kabupaten Pacitan. 3, 5.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Musmuliadi, & Purmadi, A. (2018). Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. 3, 9.

Priyoatmoko, W., Soedjono, W. A., & Amborowati, A. (2016). Perancangan Dan Pengembangan Denah Interaktif Area Stmik Bina Patria Magelang Berbasis Tiga Dimensi Menggunakan Game Engine. 12(1), 8.

Rakib, M., Syam, A., & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Dedikasi, 22(2), 129–134.

Rosaliza, M. (2015). Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya. 11(2), 71.

Wahyuningrum, S. H., & Sudarwanto, B. (2017). Peran Gambar Sketsa Arsitektur Untuk Menggali Karakter Disain Bangunan Dalam Kerangka Pengembangan Pelestarian Kawasan. Modul, 17(1), 36. https://doi.org/10.14710/mdl.17.1.2017.36-41


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Mulyani Amaliah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat