BIMTEK Pembelajaran Daring: Metode Pengentasan Permasalahan Mengajar Ditengah Pandemi Covid 19 Di SD Negeri 39 Cakke
(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dampak merebaknya penularan virus corona berdampak pada jalannya proses pendidikan di berbagai jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Berbagai kendala yang dihadapi lembaga pendidikan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 dan SD Negeri 39 Cakke juga banyak dialami. Ada 3 masalah pokok yang dihadapi SD Negeri 39 Cakke, yaitu; (1) kurang menarik dalam memberikan materi secara online, (2) guru kesulitan memantau pekerjaan tugas, (3) proses evaluasi pembelajaran online kurang efektif. Terdapat keterbatasan tenaga pengajar dalam melaksanakan pembelajaran online sehingga kegiatan pembelajaran kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN PPL terpadu XXI UNM menyusun program kerja dalam mengatasi permasalahan yang mereka hadapi. Solusi yang ditawarkan adalah dengan mengadakan BIMTEK Pembelajaran Daring kepada pendidik dengan materi seperti; membuat video pembelajaran, menggunakan aplikasi ZOOM Meeting, dan memanfaatkan aplikasi Google Form. Setelah melakukan kegiatan bimbingan, diharapkan para pendidik dapat menerapkan solusi yang diberikan dalam proses kegiatan belajar mengajar secara daring kedepannya.
Kata kunci: Pembelajaran daring, Covid-19, Media pembelajaran, ZOOM Meeting, Google Formsarah
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M., Siswayani, P., & Nurwanti, D. I. (2020). Merancang Tes Daring Berbasis Google Form untuk Meningkatkan Kefektifan Evaluasi Pembelajaran. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30576/3/KTI_PBI Pak Mumu dkk.pdf
Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3), 282–289.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8.
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Sehat, S., & Indrasti, R. (n.d.). Efektivitas Bimbingan Teknis Dalam Pengembangan Perbenihan Hortikultura Dijawa Barat (10), 245–257.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/9BDD765F0C32CD962F09
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/se-sesjen-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Article Metrics
Abstract view : 351 times | PDF view : 41 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dinul Achmad Djuma, Sri nur Astika Kaharuddin, Nur Ilma, Renaldi Suardi, Sulfitra Basir
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat