Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan melakukan Pembenahan Ruang Kelas SDN No.52 Ci’nong Jeneponto

Nurul Islamiah Pratiwi Faisal Puly(1*), Nur Ismi Wibowo(2), Lutfiah Muchtar(3), Nurazhima Zulvitadina(4), Fitri Isa(5), Triwijaya Anggara(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Pendidikan adalah bagian terpenting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Sehingga dalam melakukan aktvitas mendidik, guru harus menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada minat belajar siswa SDN No.52 Ci’nong dengan melakukan pembenahan kelas. Ruangan kelas pada umumnya difungsikan sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar. Namun, ruangan kelas di SDN No. 52 Ci’nong tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Hal ini diakibatkan karena sebagai salah satu upaya pemerintah daerah untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Diseae (covid-19) di Kabupaten Jeneponto. Hingga pada tanggal 28 oktober 2020 dinas pendidikan kabupaten mulai berlakukan sekolah tatap muka. Dengan tidak adanya siswa dan guru yang melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah dikarenakan program belajar dari rumah (bdr), maka akan berdampak terhadap ruang kelas yang tidak terawat. Sehingga kondisi ini berdampak pada minat belajar siswa. Dalam permasalahan ini maka penulis melakukan program pembenahan kelas sebagai upaya peningkatan minat belajar siswa SDN No. 52 Ci’nong. Pembenahan yang dilakukan yaitu dengan mengecat tembok, melukis, serta menempel dan menggantung hiasan ruangan. Hal ini diharapkan mampu memberikan dampak terhadap peningkatan minat belajar siswa.

ABSTRACT

Education is the most important part in improving human resources. So that in carrying out educational activities, teachers must create a conducive educational environment. This study aims to determine whether there is a significant influence on student interest in learning at SDN No.52 Ci'nong by carrying out classroom improvements. The classroom generally functions as a place for face-to-face activities in the teaching and learning process. However, the classroom at SDN No. 52 Ci'nong is not functioning properly. This is because it is one of the efforts of the local government to break the chain of spreading Corona Virus Diseae (covid-19) in Jeneponto. Until 28 October 2020 the district education office began implementing face-to-face schools. In the absence of students and teachers carrying out teaching and learning activities in schools due to the home learning program (bdr), it will have an impact on neglected classrooms. So that this condition has an impact on student interest in learning. In this problem, the authors conducted a classroom improvement program as an effort to increase student interest in learning SDN No. 52 Ci'nong. The improvements made were painting the walls, painting, and sticking and hanging room decorations. This is expected to have an impact on increasing student interest in learning.


Keywords


Minat belajar, pembenahan kelas

Full Text:

PDF PDF

References


Harahap, A. P., Tari, N., Sumantri, W., & Kanak-kanak, T. (n.d.). PENERAPAN KONSEP MAROKO PADA INTERIOR. 13–23.

Pencahayaan, S., Dan, A., Di, B., & Kelas, R. (n.d.). Sistem pencahayaan alami dan buatan di ruang kelas sekolah dasar di kawasan perkotaan. 1, 87–98.

Pendidikan, M. A., Pascasarjana, S., & Surakarta, U. M. (1907). PEMBELAJARAN DI SD. 2, 15–23.

Suliyarti, R. (2013). No Title. 20.

Umiatik, T., & Belakang, A. L. (2017). PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN. 3(3), 559–566.

Yogyakarta, U. N. (2016). OPTIMALISASI REHABILITASI RUANG KELAS DALAM MENDUKUNG PENYELENGGARAAN WAJIB BELAJAR 9 TAHUN Meilina Bustari OPTIMIZING CLASSROOM REHABILITATION IN SUPPORTING 9. 12(24), 76–90.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 4 times PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Islamiah Pratiwi Faisal Puly, Nur Ismi Wibowo, Lutfiah Muchtar, Nurazhima Zulvitadina, Fitri Isa, Triwijaya Anggara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat