Cuci tangan guna mencegah penyebaran virus covid-19: pengadaan wastafel cuci tangan di kelurahan sudiang

Asmunandar Asmunandar(1), Suci Pole Mappaita(2*), Novita Dwi Puspaning Rum(3),

(1) Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Ilmu keolahragaan. Fakultas Keolahragaan
(*) Corresponding Author



Abstract


Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas ilmiah dan sektoral pada waktu dan wilayah tertentu.Pandemi covid-19 adalah peristiwa menyebarnya virus yang di sebut dengan virus corona di seluruh dunia. Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang harus di jaga kebersihannya, dalam masa pandemi saat ini mencuci tangan dengan sabun merupakan kebiasaan yang wajib dan penting atau disebut dengan protol kesehatan dalam mencegah penyebaran virus covid 19 di masa pandemi seperti saat ini apalagi ketika berada di tempat keramaian. Alasan dari pemilihan topik ini adalah masih kurangnya penyediaan wastafel cuci tangan di tempat keramaian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi bertujuan secara khusus menjelaskan dan memahami objek yang ditelitinya secara khusus sebagai suatu kasus dengan tidak adanya penyedian wastafel cuci tangan di tempat keramaian sebagai kasus utamanya. Inilah sebabnya cuci tangan menjadi penting dilakukan, apalagi di masa pandemi Covid. Maka dari itu, Salah satu program Kerja KKN UNM 2020 di Kelurahan Sudiang yaitu mengadakan Wastafel Cuci Tangan di tempat ramai yaitu di Kantor Kelurahan Sudiang

Keywords


Kuliah Kerja Nyata

References


Nakoe M, Lalu N, Mohamad Y, (2020). PERBEDAAN EFEKTIVITAS HAND-SANITIZER DENGAN CUCI TANGAN MENGGUNAKAN SABUN SEBAGAI BENTUK PENCEGAHAN COVID-19. Jombura Journal, 2( 2).

Sinaga L, Munthe S, Bangun H, (2020). SOSIALISASI PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI DESA SAWO SEBAGAI - BENTUK KEPEDULIAN TERHADAP MASYARAKAT DITENGAH MEWABAHNYA VIRUS COVID-19. Jurnal Adimas Mutiara. 1(2).

Arlita D, (2020), Menumbuhkan Kesadaran Warga terhadap Ancaman Covid-19. Kompas,com. Diakses dari https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/07/10/kesadaran-masyarakat-akan-penularan-covid-19-masih-minim/

Putri Arum S, (2020), Pentingnya cuci tangan. Kompas.com. diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/28/190000069/pentingnya-cuci-tangan?page=all.


Article Metrics

Abstract view : 249 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suci Pole Mappaita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat