Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SD Inpres 12/79 Biru II Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

rosmalah rosmalah(1*), Ayu RIska(2),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


The problem examined in this study is the lack of maximum utilization of school libraries as a source of learning. The focus of the Problem: how is the use of the school library as a learning resource for students of SD Inpres 12/79 Biru II Tanete Riattang District, Bone Regency. The purpose of this study is to describe the use of the school library as a source of learning for students of SD Inpres 12/79 Biru II, Tanete Riattang Subdistrict, Bone Regency. The approach used in this study is qualitative. This type of research is descriptive research. This research was conducted from class I-VI SD Inpres 12/79 Biru II in February-April 2018. Subjects in this study were students of class I-VI SD Inpres 12/79 Biru II, Tanete Riattang Subdistrict, Bone Regency, which numbered 30 people consists of 16 men and 14 women, homerooms, librarians, and principals. Data collection in this study using observation sheets, interviews, and documentation. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and draw conclusions. The results of this study can be seen that the use of school libraries as learning resources is not optimal. So, it can be concluded that the use of the school library as a source of learning for students of SD Inpres 12/79 Biru II, Tanete Riattang Subdistrict, Bone Regency has not run optimally.

Keywords


School Library, Learning Resources

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Anshar, Muhajir. 2014. Kurangnya Minat Baca Siswa Akibat Perpustakaan Sekolah Yang Tidak Terurus, (Online), http://ajiressayko.blogspot.com/2014/08/ kurangnya-minat-baca-siswa-akibat-perpustakaan-sekolah-yang-tidak-teruru s.html, (diakses 14 Februari 2018).

Bafadal, Ibrahim. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bimba. 2016. Artikel Ciri Perpustakaan Sekolah Yang Ideal, (Online), http://bimba-aiueo.com/ciri-perpustakaan-sekolah-yang-ideal.html, (Diakses 14 Mei 2018).

Febrizki, Suhartama. 2012. Manfaat Perpustakaan Bagi Peserta didik, (Online),http://suhartama.blogspot.co.id/2012/11/manfaat-perpustakaan-bagi-peserta-didik.html, (Diakses 14 Februari 2018).

Indrawan, Rully & Poppy Yaniawati. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, Dan Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.

Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Novriliam, Rio & Yunaldi. 2012. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Pusat Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sari, Fitria Novi. 2014. Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Pemanfaatan Sumber Belajar, (Online),

Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sinring, Abdullah, Abdul Saman, Pattaufi, dan Rudi Amir. 2016. Panduan Penulisan Skripsi (Proposal Skripsi, Skripsi, dan Karya Ilmiah). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumiati & Asra. 2011. Metode Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV Wacana Prima.

Susilawandi. 2017. Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan Pendekatan Saintifik di Kelas V SD Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Skripsi. Makassar: Universitas negeri Makassar.

Sutarno. 2006. Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta. CV Sagung Seto.

Suwarno, Wiji. 2010. Pengetahuan Dasar Kepustakaan Sisi Penting Perpustakaan dan Pustakawan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

UU No. 43 Tahun 2007. Tentang Perpustakaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.

Yusuf, Pawit & Yaya Suhendar. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wulandari, Vita Ayu. 2017. Makalah Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Yogjakarta: Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v3i2.9124

Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 rosmalah rosmalah, Ayu RIska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Contact 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   Hasil gambar untuk portal garuda

 

Creative Commons License
JIKAP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats