Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri
(1) PGSD FIP Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i1.61800
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada peserta didik SD Negeri 550 Bilante yang berjumlah 38, terdiri dari 18 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri 550 Bilantedengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan media gambar seri. Hasil pembelajaran Prasiklus dengan KKM 75 diperoleh rerata kelas 63,8. Pada Siklus I nilai rerata kelas 70,8, yang tuntas dalam belajar berjumlah 23 atau 60,5 %. Dari data pengamatan sebanyak 25 orang 66%, atau dapat menjawab dengan benar dan yang tidak dapat menjawab dengan benar 13 orang atau 34%. Pada Siklus II hasil nilai rerata kelas adalah 80. Data pengamatan hasil belajar juga menunjukkan peningkatan yaitu sebanyak 32 orang atau 84% menjawab dengan benar, dan yang tidak dapat menjawab dengan benar ada 6 atau 16%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan Picture and Picture dan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar, keaktifan dan motivasi bagi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi Dengan Program 6 M Di Sekolah Dasar. JPSD. 3 (1), 42-52.
Anitah, S. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fatimah1, Soewarno, dan Suci. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 1 (2). 1-10.
Fauzi, Rahmat. Dwiastuti, dan Sri Harlita. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi. 3 (3). 79-87.
Gunadi, K. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tutor Sebaya Berbantuan Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. Fakultas Teknik dan Kejuruan Pendidikan Ganesha, 1 (3). 67-79.
Hendracipta, Nana., Syachruroji, A., & Hermawilda. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Dengan strategi Ekspositori. JPSD, 3 (1), 33-41.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Handayani, D., Bintari, H.S. & Lisdiana. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Spesimen Pada Materi Invertebrata. Journal Of Biology Education. 2, (3), 1-11.
Isman, 2013. Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (3). 1-13
Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.
Ngongo, Khristoforus Palli dan Abdul Gafur. 2017. Hubungan Keterlibatan Dalam Organisasi Badan (BEM) dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4, (1). 101-112.
Prihatiningsih Eko dan Eunice Widyanti Setyanigtyas. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD. 4 (1). 1-14.
Permatasari, Norhayati Endah (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2). 96-104
Rianti, Luh & Nulhakim, Lukman. 2017. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3 (1), 64-73.
Riyono, B., & Retnoningsih, A. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. journal of Biology Education. 4. (2). 15-26.
Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Ke-lasdi SD. Yogyakarta: Pusat Pengem-bangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matemat-ika.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learn-ing. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Solchan, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa In-donesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sulfemi, Wahyu Bagja. 2016 Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho. 5 (2). 52-70
Sa’adah, Jamilatus. 2017. Metode Pembelajaran “Picture and Picture” Dalam Menulis Teks Cerita Fiksi Novel Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/ MA/ SMK/ MAK Kelas X11 Semester 2 Kurikulum 2013. Bahastra, 37(1), 45-48.
Sediasih. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran PKN dikelas V SDN. Karya Wangi 2. JPSD. 3 (1). 74-81
Wardani, IGAK. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Widianto, Eko. dan Subyantoro. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode Sq3R Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. JPBSI. 4, (1). 86-96
Windiyani, Tustiyana. Novita, Lina dan Permatasari, Anisa. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. JPSD Vol. 4 (1). 1-14.
Yuliana, Rina, Cahyani, Isah. & Sastromiharjo, Andoyo. 2015. Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah Dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 1 (2). 98- 108.
Article Metrics
Abstract view : 102 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Latri Aras, Muhammad Amran, Muhammad Amran, Nurul Saida, Nurul Saida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: