Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV UPTD Sendang Loak

Dliyaul Laudza' Dliya(1*),

(1) Universitas Trunojoyo Madura
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i2.58664

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki siswa. Model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika terhadap kemmapuan berpikir kritis siswa UPTD Sendang Laok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, metode yang digunakan quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Grup Desain. Sampel penelitian sampel penelitian ini adalah siswa UPTD Sendang Laok kelas IV, Labang Bangkalan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 28 siswa, dimana terdiri dari 14 siswa kelompok eksperimen dan 14 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes kemampuan berpikir kritis. Uji coba instrumen tes menggunakan uji validitas, reabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.


Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2022). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Pustaka Pelajar

Annisa, S., Zaenuri, Z., Kustiono, K., & Guntur, M. (n.d.). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Penerapan Quizizz Bernuansa Etnomatematika Melalui Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1

Cucu Suhana. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Rafika Aditama

Eko Saputra, Jamilah Jamilah, & Utin Desy Susiaty. (2022). Pengembangan E-Modul Etnomatematika Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Ter-hadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ma-tematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 56–63. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.176

Halimah, N., Rahmi, R., & Suryani, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 244–255. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp244-255

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran . Aswaja Pressindo

Ispita, Perninda, H., Lestari, R., Muham-madiyah Pagar Alam, S., & Selatan, S. (n.d.). Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin Multidisiplin Pembela-jaran Matematika Berbasis Etnomatematika Kemampuan Ber-pikir Kritis Siswa Ditingkatkan Dengan Aplikasi MATH CITY MAP. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/index

Indah, I., Muis, C., Widad Billa, H., Ning-sih, W. H., & Hasanah, I. (2022). Etnomatematika Dalam Jembatan Suramadu Untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri Pada Siswa.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Va-liditas, Reliabilitas, Tingkat Kesuliatan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karetsepatan. In BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212

Permatasari, N., & Hardi, E. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pem-belajaran Inkuiri Berbasis TPACK Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 3, Issue 3).

Rawani, D., & Fitra, D. (n.d.). Etnomatematika : Keterkaitan Bu-daya dan Matematika.

Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797–802. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973

Sasena, A., Suryo Bintoro, H., & Ulya, H. (n.d.). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Studi Pen-didikan Matematika FKIP, Universi-tas Muria Kudus Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Modul Etnomatematika Ter-hadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Sofiyan Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif (Dilengkapi Dengan Per-bandingan Perhitungan Manual & SPSS. KENCANA.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (sutopo, Ed.; empat). Penerbit Alfabeta.

Sunandar, A. (2021). Analisis Pemahaman Matematis Terhadap Disposisi Ma-tematis Melalui Soal Etnomatematika. Jurnal Int∑gral, 12(1), 26–35.

Syamsidah, M. Pd., & Ratnawati, T. M. H. (2020). Panduan Model Inquiry Learning (1st ed.). Deepublish Pub-lisher.

Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelaja-ran Inkuiri Terbimbing (Guide In-quiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327–1333. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.752


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dliyaul Laudza' Dliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya